Cegah Radikalisme, Polda Kalsel Gelar Operasi Bina Waspada Intan 2021

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Guna mendukung pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Operasi Bina Waspada Intan 2021, Sabtu (4/9/2021).

Apel pagi Operasi Bina Waspada ini berlangsung di Depan Kantor Direktorat Binmas Polda Kaslel dipimpin Wadir Binmas Polda Kalsel AKBP Rudi Hartono, S.I.K, M.M. selaku Waka Opsda. Dalam arahannya, Wadir Binmas mengatakan salah satu sasaran operasi adalah melakukan pembinaan terhadap kelompok masyarakat yang menganut paham radikal.

“Sasaran operasi ini yaitu melaksanakan sosialisasi ke Pesantren-pesantren maupun tempat ibadah lainnya serta sekolah – sekolah dan tempat – tempat yang terindikasi penyebaran paham radikal, agar terciptanya Harkamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Kalsel,” ujar Wadir Binmas.

Selain itu juga dalam operasi ini petugas juga memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap kelompok masyarakat yang menganut paham radikal, intoleransi serta potensi masyarakat lainnya. Guna mendukung atau membantu menciptakan Harkamtibmas yang kondusif.

Ditambahkan Operasi Bina Waspada dilaksanakan secara terpadu dengan mengedepankan kegiatan preventif guna menjamin situasi yang kondusif. “Operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Bangsa dan Negara serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan meningkatkan kesadaran toleransi antar umat beragama,” ujar Wadir Binmas.

Dia berharap, personel yang terlibat operasi ini mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Wadir Binmas juga menyampaikan bahwa selain melaksanakan tugas edukasi dalam rangka memutus mata rantai Covid-19, anggota yang terlibat dalam Operasi Bina Waspada Intan 2021 juga melaksanakan pembinaan masyarakat dalam rangka kontra radikalisme.

“Intinya, Operasi Bina Waspada ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat dalam rangka mencegah paham radikalisme anti pancasila, terorisme untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terangnya.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar