Kapolda Kalsel Hadiri Apel Siaga Darurat Pencegahan dan Pemadaman Karhutla Tahun 2019

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor memimpin Apel Siaga Darurat Pencegahan Dan Pemadaman Kebakaran Hutan Dan Lahan, Selasa (30/7/2019) pukul 08.10 Wita.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan.

Apel yang berlangsung bertempat di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel Banjarbaru dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor selaku Inspektur Apel dengan dihadiri Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si., Kepala Staf BNPD Pusat, Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsuddin Noor, Forkopimda Kalsel, Karo Ops Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru, Kabag Ops Jajaran Polda Kalsel, serta seluruh Forkopimda beserta SKPD Pemprov Kalsel.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan untuk meningkatkan peran dan fungsi agar semakin optimal dalam Pencegahan Karhutla di Provinsi Kalsel.

“Di Kalsel kita memang bebas dari gempa bumi dan gunung merapi, namun bencana banjir, tanah longsor dan karhutla menjadi ancaman bagi lingkungan dan kehidupan di Kalsel. Khususnya Karhutla setiap tahun terjadi di Kalsel,” tutur Gubernur.

Lanjut Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, di wilayah Kalsel apabila musim kemarau tiba, karhutla menjadi masalah oleh karena itu kita semua tidak boleh menyerah untuk mencegah permasalahan karhutla tersebut.

Gubernur menghimbau agar pengendalian karhutla harus diupayakan semaksimal mungkin, karena apabila dibiarkan akan berdampak pada gangguan kesehatan apalagi kabut asap bisa mempengaruhi hubungan baik antar negara.

Olehnya, kesiapsiaagaan sangat diperlukan, supaya permasalahan karhutla bisa diatasi sedini mungkin khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya menghimbau kepada Satgas Gabungan Karhutla, agar membangun kerjasama, koordinasi dan komunikasi untuk melakukan Pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” ucap Gubernur.

“Peliharalah hutan di wilayah Kalsel dari kebakaran dan bersatulah dalam mencegah dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan,” tutup Paman Birin dalam sambutannya.

Apel gabungan ini diikuti anggota TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran, BPBD dan Satgas terkait lainnya.

Usai memimpin apel, Gubernur bersama Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari, BNPB dan Pejabat lainnya meninjau sarana prasarana pemadaman.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar