Kapolda Kalsel Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DIPA Tahun 2023

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Dipenghujung tahun 2022, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2023, Kamis (08/12/2022) pukul 10.00 Wita.

Dipimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H., kegiatan yang berpusat di Rupatama Polda Kalsel, Banjarmasin, itu dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polda Kalsel, dan Kasatwil Jajaran Polda Kalsel.

Setelah dilakukan Penandatanganan Pakta Integritas, Kapolda Kalsel menyerahkan DIPA Tahun 2023 kepada perwakilan Kasatker dan Kasatwil Jajaran Polda Kalsel dilaksanakan pada awal bulan Kanuari 2023.

Kapolda mengatakan DIPA Satker merupakan produk akhir hasil proses perencanaan kebutuhan anggaran yang dimulai dari penyusunan Pagu ideal, Pagu indikatif, Pagu anggaran dan Pagu alokasi. Selain itu, DIPA merupakan pedoman bagi KPA (kuasa pengguna anggaran) dalam menggunakan anggaran di masing – masing Satker.

Untuk itu, Kapolda meminta kepada seluruh Kasatker maupun Kasatwil selaku kuasa pengguna anggaran agar dapat membuat perencanaan yang tepat dan proporsional sehingga anggaran yang ada dapat dikelola secara baik.

Ada beberapa penekanan yang disampaikan Kapolda terkait pelaksanaan program kerja dan anggaran di tahun 2023, yakni lakukan penyerapan anggaran yang terencana, efektif dan efisien sehingga tidak terjadi penyerapan yang menumpuk di akhir tahun.

Kemudian agar seluruh penanggung jawab program dapat melaksanakan monev dan asistensi pelaksanaan program kegiatan sesuai dengan rencana target kinerja secara berkala, sehingga penyerapan anggaran sesuai dengan disbursement plan yang telah ditetapkan dalam DIPA TA.2023.

Selain itu, dalam setiap pendistribusian anggaran agar mematuhi RPD, Rendisgar dan Renrikgar yang telah dibuat, dan terakhir agar masing – masing kasatker selalu memonitor / mengecek penyerapan anggaran untuk menghindari penyimpangan.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar