Tanggap Bencana, Polda Kalsel Gelar Latihan Search And Rescue (SAR)

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Menyikapi persoalan potensi ancaman bencana alam, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar latihan kemampuan Search And Rescue (SAR) di Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Latihan penanganan bencana alam yang terjadi di darat maupun perairan serta penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini dipimpin oleh Wadir Samapta Polda Kalsel AKBP Agusman, S.I.K. didampingi Kasubdit Dalmas Kompol Winarno, S.Sos., M.A. dan diikuti personel Direktorat Samapta Polda Kalsel.

AKBP Agusman mengatakan Penanganan terhadap korban bencana alam sangat diperlukan tindakan cepat dalam melakukan pencarian dan pertolongan, untuk itu dalam latihan tersebut para personel Dit Samapta Polda Kalsel diberikan arahan serta diperkenalkan alat –  alat yang digunakan dalam penanggulangan bencana alam.

Seluruh personel pun mencermati apa yang disampaikan oleh Pelatih karena apabila tidak diperhatikan dengan baik maka akan berpengaruh pada pelaksanakan yang sesungguhnya dilapangan nanti.

Tujuan dilaksanakan kegiatan latihan SAR adalah sebagai bentuk dukungan pelaksanaan tugas Kepolisian dalam menyikapi kejadian –  kejadian yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dia berharap dengan adanya latihan ini para personel Dit Samapta Polda Kalsel mempunyai kemampuan yang lebih dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terutama dalam memberikan pelayanan membantu masyarakat menangani bencana alam yang terjadi sehingga Polri bukan saja hanya bisa menangkap penjahat namun bisa menyelamatkan warga yang terkena bencana alam.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar