Gubernur Kalsel Pimpin Acara ‘Coffee Morning’ Tindak Lanjut Penanganan Karhutla Bersama Unsur Muspida

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar-komentar

kopi morning 2 kopi morning

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memimpin acara coffee morning di Aula Bhayangkara, Kamis (17/3), membahas tindak lanjut penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalsel tahun 2016. Acara dihadiri dihadiri Kapolda Kalsel Brigjen Pol. Agung Budi M, Danrem 101/Antasari, Danlanal, Danlanud, Kajati Kalsel serta unsur muspika lainnya.

Sebagai catatan, program penanganan karhutla di Indonesia disebabkan faktor yang kompleks dari aspek sosial, politik dan ekonomi. Jadi penyelesaiannya pun harus komprehensif dan kolaboratif multipihak.

Untuk itu sangat penting kejelasan penguasaan lahan di tingkat tapak sebagai penanggung jawab pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, percepatan perizinan berbasis masyarakat di areal open acces pada kawasan hutan maupun di luar kawasan hutan.

Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, selain berkolaborasi dengan masyarakat di tingkat tapak, juga membangun sistem deteksi dini, Peningkatan sarana dan prasarana untuk oengendalian kebakaram hutan juga sudah ditingkatkan.

Indonesia kembali dihadapkan dengan masalah kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini, karena beberapa wilayah di Sumatra sudah ditemukan titik api (hot spot). Berdasarkan laporan BMKG Pekanbaru, per 11 Maret 2013, ditemukan 36 titik api yang tersebar di Aceh (14 titik api), Sumatra Selatan (13 titik api), bengkulu (1 titik api), dan Riau (8 titik api).

lah/tribrata

Berita Terkait

Tuliskan Komentar