Polda Kalsel Gelar Upacara dan Syukuran HUT Satpam Ke-41

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar-komentar

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Upacara dan Syukuran peringatan hari ulang tahun (HUT) Satpam ke-41 tahun 2021.

Kegiatan itu digelar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel, Rabu (2/2/2022) pukul 10.00 Wita, dan dipimpin Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H.

Rangkaian kegiatan itu diawali dengan upacara yang berlangsung secara virtual yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si, dari Jakarta.

Upacara diisi dengan Laporan Perwira, Lagu Mars Satpam, penghormatan kepada Irup, pengucapan prinsip-prinsip penuntun satpam, Amanat Kapolri dan diakhiri dengan pembacaan do’a.

Adapun yang hadir adalah Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Fadly Samad, S.H., S.I.K., M.H. beserta para Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua BPD Abujapi Kalsel Supriyanto, para Pimpinan BUJP Kalsel, personil Direktorat Binmas Polda Kalsel dan Anggota Satpam Kalsel.

Peringatan HUT Satpam ke-41 tahun ini bertemakan “Bersama Polri, Satpam Siap Menjaga Kamtibmas dan Penanggulangan Covid-19”.

Seusai upacara virtual digelar Syukuran yang diawali dengan pembacaan doa kemudian dilanjutkan laporan Panitia BUJP.

Selanjutnya Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H. diantaranya mengatakan, Satpam merupakan salah satu Mitra Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas, oleh karena itu setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

Selain itu eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas Pemerintah, hingga profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan Bangsa dan kesejahteraan masyarakat, terlebih dalam situasi Pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalsel pun menyampaikan arahan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh anggota Satpam yakni :

  1. Senantiasa menjaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai Ibadah;
  2. Tanamkan kebanggaan dan kehormatan  sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam;
  3. Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan  di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas;
  4. Terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas;
  5. Tingkatkan kerjasama sinergis dengan jajaran TNI-POLRI, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H. menambahkan bahwa anggota Satpam agar tetap menjaga profesional dan kredibilitas, sebagai petugas pengamanan apapun yang terjadi dilingkungan kerjanya itu sudah menjadi tanggungjawab yang bersangkutan dalam menjaga situasi keamanan.

“Hormati, hargai tugas dan kewenangan yang telah diberikan kepada kalian selaku petugas pengamanan,” tutup Irwasda Polda Kalsel.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar