Unit Srikandi Banjar Bungas Terobosan Baru Kapolres Banjar

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H. sepertinya tidak pernah mau berhenti untuk berkarya membesarkan nama kesatuan yang dipimpinnya. Gebrakannya untuk membawa nama Polres Banjar dapat dilirik masyarakat, sudah mulai beliau lakukan sejak dilantik pada 23 Mei 2017 yang lalu.

Dengan kerendahan hati Kapolres Banjar mengatakan kepada seluruh personil yang beliau pimpin sekarang, ”Kedalam anggota Polres Banjar sudah baik, berkat kepemimpinan Kapolres-Kapolres sebelumnya.”

“Kewajiban saya sekarang adalah bagaimana saya bisa membesarkan Polres Banjar ‘keluar’ artinya menjual nama Polres Banjar agar dikenal masyarakat lebih dekat, sehingga akan lebih mencintai Polri,” lanjut pria yang akrab disapa Nette Boy itu.

Salah satu terobosan inovasi terbaru Polres Banjar untuk masyarakat adalah Unit Patroli SBB (Srikandi Banjar Bungas). Apa itu SBB? SBB adalah unit kecil patroli yang diawaki oleh Polwan-Polwan Polres Banjar, terdiri dari gabungan tiap-tiap satuan fungsi operasional yang ada di Kepolisian, seperti fungsi Sabhara, Lantas, Reserse, Binmas, Intel juga satuan fungsi pembinaan kepolisian lainnya.

Nama Srikandi merupakan nama yang diambil dari tokoh pewayangan yang menggambarkan seorang kesatria perempuan yang gagah berani dalam menumpas kejahatan, maka itu diidentikan dengan lambang Polisi Wanita “ESTI BHAKTI WARAPSARI” mengandung arti sebagai putri – putri pilihan yang mampu melaksanakan tugas dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan penuh kesederhanaan, kegunaan, kebesaran jiwa, berwibawa dan tanpa pamrih demi tercapainya masyarakat yang tentram dan damai.

“Unit SBB Polres Banjar bertugas sebagai Polisi tugas umum dimana mereka harus mampu melakukan tugas pengaturan lalu lintas ketika terjadi kemacetan di jalan, kemudian melakukan fungsi Reskrim apabila saat melaksanakan patroli terjadi tindakan kriminal maka merekapun mampu melakukan tindakan pertama dilapangan, dalam menciptakan situasi yang sejuk maka fungsi Binmas dengan himbauan Kamtibmasnya akan tampil,” jelas Kapolres Banjar.

“Dan yang tidak kalah paling pentingnya juga, kalau Unit SBB juga sebagai tempat pengaduan masyarakat dan sumber imformasi bagi warga yang memerlukan pertolongan.” tambah Kapolres Banjar.

Lebih lanjut, Kapolres Banjar mengatakan harapannya semoga dengan di bentuknya unit SBB ini kehadiran Polwan melalui Unit Srikandi Banjar Bungas dapat dirasakan oleh masyarakat, sebagai motivasi kaum perempuan yang dapat mensejajarkan diri dengan tugas Polisi laki-laki, dimana seorang Srikandi bukan hanya sekedar hiasan yang hanya disimpan disudut sebagai pelengkap, tapi Srikandi yang terdepan dalam memberikan pelayanan.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar