Polda Kalsel Kerahkan Personel Pengamanan Debat Perdana Pilkada Cagub dan Cawagub Kalsel

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar-komentar

Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menurunkan personel keamanan untuk mengamankan jalannya debat perdana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Kalsel yang berlangsung di Hotel Rattan In, Banjarmasin, Rabu (23/10/2024) malam.

Debat perdana yang merupakan bagian penting dari rangkaian Pilkada ini dipastikan berjalan dengan aman dan tertib berkat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. mengatakan sebelum melakukan pengamanan, lebih dahulu dilaksanakan Apel pengamanan yang dilanjutkan dengan Tactical Floor Game (TFG).

Hal itu, lanjut Kabid Humas, untuk mensimulasikan berbagai skenario pengamanan yang mungkin terjadi selama debat berlangsung dipimpin oleh Dir Samapta Kombes Pol Timbul Rein Krisman Siregar, S.I.K., M,Si. selaku Kaposda Operasi Mantap Praja Intan 2024 didampingi Kapolres Banjarmasin Kombes Pol Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H. sebagai pengendali wilayah.

Kombes Pol Adam Erwindi menyampaikan bahwa pengamanan tersebut melibatkan ratusan personel dari berbagai satuan guna memastikan keamanan peserta debat, tim kampanye, serta masyarakat yang hadir.

“Kami telah menyiapkan personel di berbagai titik, baik di dalam maupun luar lokasi debat, untuk menjaga situasi tetap kondusif. Pengamanan ini penting demi menjaga kelancaran acara serta mengantisipasi potensi gangguan keamanan,” ujar Kabid Humas.

Tidak hanya mengamankan area debat, personel juga melakukan pengawasan terhadap arus lalu lintas di sekitar Hotel Rattan In guna mencegah kemacetan. Polda Kalsel juga bekerja sama dengan penyelenggara Pilkada dan pihak keamanan hotel untuk memastikan protokol keamanan berjalan sesuai rencana.

Debat ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi para calon gubernur dan wakil gubernur untuk memaparkan visi dan misi mereka di hadapan masyarakat Kalsel. Polda Kalsel menghimbau semua pihak untuk tetap menjaga suasana damai dan menghormati proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H.
Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar