Jalin Kemitraan Solid, Polisi dan Kejari Balangan Bina Keamanan Desa

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Balangan – Meningkatkan sinergitas tiga pilar, Bhabinkamtibmas desa Bungin Brigadir Samsul Anam di kantor Kepala desa Bungin kec. Paringin selatan mengelar musyawarah kemitraan antara Bhabinkamtibmas dengan Seluruh aparat desa dan Masyarakat dalam upaya menertibkan masyarakat khususnya pemilik dan penghuni rumah-rumah kontrakan/kost, Selasa (30/1/2018) pukul 14.00 Wita.

Berhadir dalam kegiatan tersebut Kades Bungin beserta aparat desa, Ketua BPD bungin beserta anggota, anggota Kejari Balangan dan masyarakat desa Bungin yang berjumlah 28 orang.

Aparat desa yang hadir dalam kegiatan ini, merencanakan pembuatan Peraturan Desa untuk menertibkan warga, melalui sosialisasi dengan mengundang pemilik rumah kontrakan terlebih dahulu dan pihak desa akan melakukan penertiban terhadap warga pendatang yang tinggal di rumah sewaan dengan menerapkan wajib lapor dengan menyerahkan copy identitas diri.

Dalam giat tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan imbaun tentang Saber pungli, dimana masyarakat diajak berperan aktif dalam pengawasan terhadap dana desa, aparat desa juga terhadap anggota polri yang apabila menemukan adanya tindakan pungli agar dapat dilaporkan, sedangkan jika pelakunya anggota polri dapat dilaporkan pada Propam polres setempat.

Selain itu, agar masyarakat khususnya para pedagang diimbau untuk tidak melakukan penimbunan sembako ataupun BBM dan LPG, terlebih konsumsi Miras, Narkoba dan kepemilikan senjata tajam.

Imbauan Bhabinkamtibmas tersebut dikuatkan dengan penjelasan dari pihak Kejari Balangan yang menyampaikan Penyuluhan hukum dengan isi materi yang disampaikan tentang Narkoba dan Senjata tajam serta ancaman hukumannya.

Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo mewakili Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK membenarkan kegiatan Bhabinkamtibmasnya tersebt dalam membina keamanan desa di Bungin.

“Upaya pembinaan keamanan desa seperti yang dilakukan Brigadir Samsul Anam ini sekiranya dapat dicontoh petugas lainnya, gandeng pihak – pihak terkait dalam mensosialisasikan bahaya Narkoba maupun Miras bagi keselamatan diri dan masyarakat banyak, ” pungkasnya.

Penulis : Achmad Wardana
Editor    : Drs. Hamsan
Publish : Yudha

Berita Terkait

Tuliskan Komentar