Kapolda Kalsel Pimpin Upacara Pencucian Pataka dengan Khidmat

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H. memimpin upacara Pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata Pencucian Pataka dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Rabu (21/06/2023) pukul 11.00 Wita. Acara tersebut diadakan di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel dan dihadiri oleh Wakapolda, Pejabat Utama, para Perwira, Bintara dan PNS di lingkungan Polda Kalsel.

Sebelum dimulainya Upacara Pencucian Pataka Polda Kalsel, Kapolda beserta Pejabat Utama Polda Kalsel lebih dahulu mengikuti upacara Pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. melalui sarana vicon.

Dalam upacara yang penuh khidmat tersebut, Kapolda Kalsel mengambil peran sentral dalam prosesi pemuliaan Pataka, bendera kehormatan Polri. Pataka yang menjadi simbol kehormatan dan keberanian anggota polisi dicuci menggunakan Air Suci Pamaton dan dikibarkan kembali dengan penuh penghormatan.

Irjen Pol Andi Rian menyampaikan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Tribrata, yaitu Keselamatan, Ketertiban, dan Kepastian, yang menjadi landasan utama tugas-tugas kepolisian. Beliau juga menekankan pentingnya menjaga profesionalitas, dedikasi, serta integritas dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Selain itu, Kapolda Kalsel juga mengapresiasi kinerja anggota kepolisian yang telah berjuang dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kalimantan Selatan. Ia menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta berupaya mengoptimalkan sinergi antara kepolisian dan komponen masyarakat guna menciptakan kondisi yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh warga.

Upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata Pencucian Pataka “Tunggal Dharma Visuda” ini juga menjadi momen untuk menghormati jasa para pahlawan Polri yang telah gugur dalam tugas, serta mengingatkan seluruh anggota kepolisian untuk senantiasa berpegang teguh pada janji Bhayangkara dalam memberikan pengabdian terbaik bagi negara dan bangsa.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian berharap semangat pengabdian dan keberanian yang tercermin dalam pemuliaan Pataka tersebut dapat terus mewarnai setiap langkah kepolisian dalam melayani dan melindungi masyarakat.

Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran kepolisian untuk merenungkan peran dan tanggung jawab mereka dalam menjaga keamanan, serta menguatkan komitmen dalam melaksanakan tugas dengan integritas dan profesionalisme.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar