Jelang HUT Polri 2019, Warga Balangan dapat Operasi Bibir Sumbing Gratis

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

tribratanews.kalsel.polri.go.id, Polres Balangan – Menyambut HUT Polri ke 73, Polda Kalsel menggelar Bakti Kesehatan Operasi Kelainan Kongenital Celah Bibir dan Langit – langit di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalsel pada 18-19 Juni 2019 dengan melibatkan seluruh Polres jajaran.

Operasi ini kerja sama dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasila Indonesia (PABMI) serta Badan Amal Internasional untuk anak-anak atau Smile Train yang serentak digelar serentak di 24 RS Rumah Sakit Bhayangkara seluruh Indonesia.

Hal tersebut dimanfaatkan Polres Balangan untuk menjaring masyarakatnya yang yang memerlukan bantuan untuk pelaksanaan operasi bibir sumbing.

Dari pendataan yang berhasil dihimpun oleh PS. Perwira urusan kesehatan Polres Balangan Bripka Yessi, sebanyak 5 orang warga kabupaten Balangan yang akan menjalani operasi bibir sumbing gratis yang digelar Polda Kalsel tersebut.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni S. IK, melalui Paur Kesehatan Polres Balangan Bripka Yessi Agustina membenarkan kegiatan tersebut “Polres Balangan ikut andil dalam kegiatan tersebut, dan kami membawa 5 orang warga Balangan dengan data diri sebagai berikut :

1. RPU, laki-laki, 10 Th, Ajung No. 54 Rt. 01 kecamatan Tebing Tinggi
2. Muhammad Riziq Arrahman, laki-laki, 2 Th, Galumbang No.14 Rt. 03 kecamatan Juai
3. Muhammad Akbar, laki-laki, 2 Th, Hauwai Rt.01/01 kecamatan Halong
4. Talut, laki-laki, 20 Th, Mayanau No.31 Rt.03 kecamatan Tebing Tinggi
5. Hakim, laki-laki, 12 Th, Mayanau No. 58 Rt. 01 kecamatan Tebing Tinggi

Dan saat ini sedang menjalani tahap Opersi di RS. Bhayangkara Banjarmasin” pungkas Paur Kes Polres Balangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. diwakili Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes. menyebutkan, Bakti Kesehatan digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019.

“Operasi kelainan kongenital celah bibir dan langit-langit ini digelar Polda Kalsel serta Polres se-jajaran,” ungkap Kabid Dokkes.

Kepada masyarakat yang ingin mendaftar bisa dilakukan sebelum tanggal dimulainya operasi. Operasi digelar dari mulai pukul 07.00 wita sampai selesai.

“Di tanggal 17 Juni 2019 masyarakat sudah bisa melakukan pendaftaran sekaligus dilakukan pemeriksaan, apakah layak atau tidak dioperasi pada pasien yang datang,” sambung Kabid Dokkes.

Ada beberapa persyaratan bagi calon pasien yang akan dilakukan operasi, secara kesehatan harus utama, lalu memiliki berat badan yang ditentukan, usia tiga bulan sampai dewasa.

“Itu untuk fisik, sedangkan administrasi untuk anak-anak karena belum memiliki KTP, maka harus ada Kartu Keluarga (KK) orang tua, KTP orang tua dan memiliki BPJS Kesehatan. Namun jika BPJS Kesehatan belum punya, panitia akan tetap membantu,” ungkap Kabid Dokkes.

Dia mengajak masyarakat segera mendaftarkan anak-anak untuk mengikuti Bakti Kesehatan.

“Kepada masyarakat yang membutuhkan operasi bibir sumbing, agar segera mendaftar dan datang ke RS Bhayangkara untuk segera dilakukan operasi secara gratis dalam rangka SENYUM BERSAMA POLRI,” terang Kabid Dokkes.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar