Kapolda Kalsel : Seluruh Pihak Harus Bekerjasama, Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi Dalam Penanganan Covid-19

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Tiga Pilar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tergabung dalam Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Virus Corona Disease atau Covid-19 melakukan peninjauan tempat karantina khusus yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (4/11/2020) pukul 08.30 Wita.

Peninjauan oleh Plt Gubernur Kalsel Drs. H. Rudy Resnawan, M.B.A., bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Karo Umum Setda Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Kepala Dinas Sosial Kalsel, Kepala BPBD Kalsel, dan sejumlah Pejabat Utama Polda Kalsel diantaranya Direktur Samapta, Direktur Binmas, Kabid Dokkes dan Kabid Humas Polda Kalsel ini untuk memastikan tempat isolasi mandiri layak dan tidaknya dijadikan sebagai tempat karantina khusus bagi pasien positif Covid-19 yang memiliki kerentanan Komorbid.

Kedatangan rombongan Tiga Pilar Provinsi Kalsel ini disambut langsung oleh Bupati HST bersama Kapolres HST dan SKPD Kabupaten HST.

Selain meninjau tempat karantina khusus, pada kegiatan ini juga disampaikan paparan Bupati HST, arahan Plt Gubernur Kalsel Drs. H. Rudy Resnawan, M.B.A, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. serta Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah.

Dalam pelaksanaan Monev Penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten HST, Kapolda Kalsel menyampaikan bahwa semua pihak terkait mempunyai potensi untuk membantu Penangangan Covid-19, maka dari itu seluruh pihak bisa menerapkan Teori Kerjasama yaitu yang pertama harus membangun Komunikasi antara semua pihak sehingga bisa satu pemahaman dalam penanganan Covid-19.

Kedua yakni Koordinasi, hal ini lah yang dilaksanakan saat ini dengan Monev maupun melalui Rapat Koordinasi untuk mengetahui sejauh mana proses penanganan yang sudah dilaksanakan. Dan yang ketiga adalah Kolaborasi diantaranya operasi penegakan disiplin yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh Polri, TNI dan Satpol PP serta dari unsur Kejaksaan dan Pengadilan.

Saat ini semuanya sudah berjalan dan hasilnya jelas dari pelaksanaan Operasi Penegakan disiplin yang sudah dijalankan dapat dilihat data diawal bulan September, Provinsi Kalsel berada diposisi ke 6 jumlah positif terbanyak.

“Per tanggal 3 November 2020 ini posisi kita sudah turun menjadi urutan ke 10 jumlah positif terbanyak, kedepan harapannya kita semua terus melaksanakan upaya-upaya untuk menurunkan pertambahan jumlah positif perharinya, menaikkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian,” ucap Kapolda Kalsel.

“Kita harus semangat, di ibaratkan kalo kita naik motor ya harus di gaspol sehingga terus melaju dan jangan sampai kendor semangat kita untuk menangani Covid-19 di Bumi Lambung Mangkurat,” lanjutnya.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar