Polres HSU Antisipasi Kerumunan di Malam Nisfu Sya’ban

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Hulu Sungai Utara, Polda Kalsel – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Polres Hulu Sungai Utara (HSU) dan Polsek jajaran dalam menangani Covid-19 di Kabupaten HSU termasuk dengan menggelar Kesiapan Apel Gabungan antisipasi kerumunan masyarakat dimalam Nisfu Sya’ban tanggal 28 Maret 2021 malam ini.

Bersinergi dengan Satgas Covid-19, pelaksanaan apel bertempat di halaman Mapolres HSU, Senin (28/3/2021) pukul 09.00 Wita, yang diikuti oleh Kepala BPBD HSU Drs. Sugeng Riyadi, Kepala Sat Pol PP HSU Jumadi, Pasi Ops Kodim 1001 Amt – Blg Letda Inf Mulyanto, para Pejabat Utama (PJU) Polres HSU, dengan peserta Apel personel Kodim 1001 Amt – Blg, personel Polres HSU, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten HSU.

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K., M.H. melalui Kabag Ops Kompol Joko Sutopo, S.Sos. yang memimpin Apel Gabungan tersebut ini mengatakan bahwa Apel ini digelar untuk mengantisipasi dan meminimalisir kerumunan masyarakat yang seyogianya direncanakan akan menghadiri malam Nisfu Sya’ban yang berlangsung di Kecamatan Danau Panggang.

“Semua Anggota yang terlibat dalam sprint menempati titik ploting yang telah ditentukan, adakan patroli dan usaha penyekatan dengan persuasif menghimbau masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan Nisfu Sya’ban di kediaman KH Asmuni atau yang lebih dikenal dengan Guru Danau, di Desa Danau Panggang, Kecamatan Danau Panggang, masyarakat dihimbau agar kembali ke rumah dan kediaman masing-masing,” lanjut Kabag Ops.

Untuk penempatan personel Polres dan Polsek Jajaran bersinergi dengan Kodim 1001/Amuntai dan Koramil jajaran,  Sat Pol PP, BPBD termasuk Dinkes serta Dishub ditiap akses jalan yang mau masuk ke Kecamatan Danau Panggang dengan Perwira Pengendali (Padal) dipimpin para Kapolsek serta  Danramil tiap Kecamatan.

Selain itu juga dilakukan pemasangan spanduk dan himbauan juga dilaksanakan agar pelaksanaan Nisfu Sya’ban dilaksanakan dirumah masing-masing dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sedanhkan dari Kominfo Kabupaten HSU juga akan membantu secara virtual dalam penyiaran Malam Nisfu Sya’ban di tiap Kecamatan sesuai rapat koordinasi yang dipimpin Bupati HSU.

Sementara itu dikesempatan terpisah Dandim 1001/Amuntai melalui Perwira Seksi Operasi Letda Inf Mulyanto menuturkan TNI khususnya Kodim dan Koramil jajaran siap membantu dan membackup kegiatan patroli dan pengamanan guna mengantisipasi aksi kerumanan sembari berharap bahwa kegiatan malam Nisfu Sya’ban berjalan dengan lancar dan masyarakat tetap mematuhi peraturan yang diberlakukan oleh Pemerintah tentang PPKM saat ini.

Secara terpisah KH Asmuni atau yang lebih dikenal dengan Guru Danau menghimbau langsung melalui  rekaman video agar para Jemaah yang jauh dari luar Kabupaten HSU tidak mengikuti malam Nisfu Sya’ban di kediamannya, sebab kegiatan tersebut hanya digelar oleh keluarga dan tetangga saja.

“Kita ikuti aturan Pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga kita tidak tertular Covid-19,” tegas Abah Guru Danau.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar