Propam Polres Tanbu Gelar Razia Gaktibplin Anggota

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Provos Polisi atau Seksi Profesi dan Pengamanan (Sie Propam) Polres Tanah Bumbu, kini terus menggiatkan Operasi Penegakan, Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) terhadap personilnya. Di waktu yang tidak ditentukan, secara mendadak mencegat dan memeriksa seluruh personel polisi saat melintas di Jalan Raya serongga Km.01 Tungkaran Pangeran.

Pemeriksaan dengan sasaran kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA), SIM, STNK dan kelengkapan lainnya, Kamis (25/1/2018) sekitar pukul 07.00 Wita.

“Operasi Gaktibplin dengan sasaran personil Polres Tanah Bumbu, akan terus rutin kami lakukan, secara mendadak. Ini untuk mengetahui tingkat ketertiban dan kedisiplinan personil dari berbagai fungsi dan kesatuan,” jelas Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Kus Subiyantoro S.I.K.

Satu persatu, personil Polisi yang melintasi jalan tersebut dicegat langsung Kasi Propam, dan personil Provos. Kemudian diminta menunjukkan KTA yang masih berlaku. Juga SIM C bagi yang mengendarai sepeda motor dan SIM A atau B yang mengendarai mobil, serta STNK-nya.

Menurut Kasi Propam IPTU Mulyani J, untuk pemeriksaan SIM dan STNK, tak hanya personil polisi yang mengendarai kendaraan pribadi. Tetapi juga kendaraan dinas yang dipercayakannya untuk menunjang tugas sehari-hari.

Langsung Ditegur

Sejumlah personil polisi yang kedapatan kurang tertib dan disiplin, langsung ditegur. Mereka kemudian disarankan untuk secepatnya mengurus kembali kelengkapan surat-surat yang telah habis masa berlakunya.

Menurut Kasi Propam, dalam kesempatan lain, kegiatan tersebut secara mendadak juga digelar langsung di Polsek jajaran Polres Tanah Bumbu. Selain memeriksa kelengkapan surat-surat tersebut, juga berkait dengan penggunaan senjata api. Baik yang melekat dalam tugas sehari-hari mau pun yang digunakan setiap saat dan disimpan di Mapolsek.

Pemeriksaan juga bervariasi. Selain beberapa hal tersebut, Seksi Propam juga akan memeriksa penampilan personil. Mulai dari potongan rambut hingga kerapian dalam berpakaian. “Ini agar tiap personel Polres Tanah Bumbu selalu siap, tertib, dalam penampilan dan berpakaian dinas, juga hal-hal lain seperti perawatan dan izin pemakaian senjata api. Juga berkait kepemilikan surat-surat lainnya seperti surat-surat kendaraan yang dipakai sehari-hari,” tandas IPTU Mulyani J. (Polres Tanbu)

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar