Seleksi Pendaftaran Anggota Polri TA.2018 Panda Kalsel Diikuti Ribuan Peserta

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Sebanyak 1647 orang Pendaftar Calon Anggota Polri secara terpadu jalur Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama tahun 2018, mengikuti proses pemeriksaan administrasi (rikmin) selama satu minggu dimulai Senin – Sabtu tanggal 9 – 14 April 2018 di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel.

Pendaftar jalur Akpol berjumlah 80 orang terdiri dari 68 Laki-laki dan  orang 12 Wanita, dengan jumlah peserta yang lolos sebanyak 66 orang (59 Laki-laki, 7 Wanita) dan tidak lolos sebanyak 14 orang.

BA PTU dengan jumlah pendaftar 1405 orang terdiri dari 1154 Laki-laki dan 251 Wanita dengan jumlah peserta yang lolos sebanyak 1180 orang (991 Laki-laki, 189 Wanita) dan tidak lolos sebanyak 225 orang. BA TI lolos sebanyak 30 orang (26 Laki-laki, 4 Wanita) dari 46 orang yang mendaftar.

BA PENERBANGAN 12 orang pendaftar dengan jumlah peserta yang lolos 7 orang (6 Laki-laki, 1 Wanita) dan 5 orang dinyatakan tidak lolos. BA PELAYARAN, BA KIMIA,dan BA MUSIK para pesertanya semua dinyatakan lolos dengan rincian 2 orang peserta BA PELAYARAN, 1 BA KIMIA, dan 1 orang BA MUSIK.

Sedangkan jalur TAMTAMA Polri dengan jumlah pendaftar sebanyak 100 orang dengan rincian 88 orang lolos dan 12 tidak lolos, yang sebelumnya telah mendaftar secara online melalui website resmi penerimaan Polri.

Dalam proses rikmin tersebut, panitia penerimaan di Polda Kalsel bekerjasama dengan instansi, atau pihak lain untuk ikut memantau dan memeriksa berkas para pendaftar. Mereka memeriksa setiap dokumen milik para pendaftar, sesuai dengan kewenangan dan kompetensi masing-masing.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana melalui Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Chadarusman, S.I.K. M.H. menyampaikan, proses rikmin juga melibatkan pihak LSM maupun kalangan media untuk ikut memantau. “Itu dilakukan demi menjamin prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (Betah) selama proses penerimaan Polri Tahun ini. Dan proses penerimaan ini tidak dipungut biaya,” tutur Kapolda Kalsel yang diwakili karo SDM Polda Kalsel.

Karo SDM Polda Kalsel menjelaskan, para pendaftar harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan. “Mereka sebelumnya telah mendaftar secara online melalui website penerimaan Polri. Kemudian dilanjutkan dengan registrasi dan melengkapi berkas-berkas administrasi di panitia daerah,” jelasnya.

Setelah melalui proses pemeriksaan administrasi awal di tingkat Polres, berkas para pendaftar kemudian dikirim ke Polda untuk diproses lebih lanjut. Bagi yang dinyatakan lulus proses rikmin, maka akan dilanjutkan dengan mengikuti tes kesehatan tahap I di Polda Kalsel.

Lebih lanjut, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana melalui Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Chadarusman, S.I.K. M.H. mengharapkan untuk penerimaan Polri tahun ini, para pendaftar dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan banyak yang lolos, seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kami sangat berharap begitu, dan kami optimis akan ada diterima sebagai Anggota Polri,” pungkasnya.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar