Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pasca Pemilu 2024, Polda Kalsel Gelar Tactical Floor Game (TFG)

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Dua hari jelang pemungutan dan perhitungan suara, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Tactical Floor Game (TFG) antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pasca Pemilu 2024. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Banjarmasin, Senin (12/2/2024) pukul 10.30 WITA.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. menuturkan Tactical Floor Game (TFG) yang dirangkaikan juga dengan Rapat Koordinasi Perbantuan TNI kepada Polri ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya antisipasi adanya gangguan kamtibmas pasca perhitungan suara.

“Tujuan Tactical Floor Game (TFG) dan Rapat Koordinasi ini untuk menyusun strategi dan simulasi tindakan yang akan diambil dalam menghadapi berbagai potensi gangguan Kamtibmas pasca perhitungan suara,” terang Kabid Humas.

Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan pentingnya kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi situasi yang mungkin timbul pasca perhitungan suara. “Kondisi pasca pemilihan seringkali menjadi momentum rawan yang memerlukan respons cepat dan tepat dari aparat keamanan. Oleh karena itu, Tactical Floor Game (TFG) seperti ini sangat penting untuk memastikan kesiapan dan koordinasi antar instansi,” ujarnya.

Dalam simulasi TFG tersebut, peserta didorong untuk mempertimbangkan berbagai faktor risiko yang mungkin muncul, termasuk potensi kerusuhan massa, aksi provokatif, atau gangguan Kamtibmas lainnya. Mereka juga dilatih untuk merespons dengan cepat dan efektif sesuai dengan protokol keamanan yang telah ditetapkan.

“Kita tidak boleh lengah. Setiap potensi ancaman harus diantisipasi dengan baik. Saya berharap melalui kegiatan ini, kita dapat memperkuat koordinasi antar instansi dan meningkatkan kemampuan respons terhadap situasi yang mungkin terjadi pasca perhitungan suara,” tambah Kabid Humas Kombes Pol Adam Erwindi.

Rapat Koordinasi Perbantuan TNI kepada Polri ini menjadi wadah untuk memperkuat sinergi antara kedua institusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan adanya kegiatan TFG ini, diharapkan aparat keamanan semakin siap dan mampu menjaga stabilitas keamanan pasca pemilihan umum.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar