Kapolres Banjar Hadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Komcad TA.2022

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Banjar, Polda Kalsel – Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, S.I.K., M.H. menghadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan (Komcad) TA.2022, bertempat di Lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman, Senin (30/5/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., M.M., diikuti lebih kurang 500 orang Siswa Peserta Komcad asal pengiriman Kaltara, Kalsel, dan Kaltim.

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sangat mengapresiasi dan bangga kepada calon Komcad yang telah menjadi bagian dari Komponen Cadangan.

“Kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen Bangsa,” tuturnya.

“Untuk itu, Komcad sebagai subsistem pertahanan Negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan Negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter,” sambungnya.

Komcad adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi. Hal ini bertujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama (TNI).

Komcad hanya digunakan pada saat mobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR, Komcad akan menjadi warga negara seperti biasa dengan profesinya apabila keadaan non aktif.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar