Polda Kalsel Gelar Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Tahap I TA. 2020

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar Wasrik Rutin guna mencegah terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang di masing-masing Satker atau satuan kerja di lingkungan Polri.

Taklimat Wasrik Tahap I ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si di dampingi Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si dan Karo Rena Kombes Pol Drs. Iwan Prasodjo S, SH., Kamis (5/3/2020) pukul 09.00 Wita di Rupatama Polda Kalsel

Turut hadir seluruh Pejabat Utama Polda Kalsel, masing-masing perwakilan Satker, dan Kapolres jajaran Polda Kalsel.

Mengawali Taklimat Rutin ini, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si menyampaikan sambutannya terkait pelaksanaan Wasrik Tahap I, seperti harapan dan tujuan terselenggaranya Wasrik ini.

“Pelaksanaan Wasrik kali ini lebih dititik beratkan sejauh mana aspek pengorganisasian, dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saya mengharapkan kerjasama dan keterbukaan bukan untuk mencari kesalahan,” ucap Irwasda.

Disamping itu, Irwasda juga mengajak seluruh peserta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai konsultan di lapangan serta memberikan perbaikan pelaksaan kegiatan dalam rangka meminimalisir kemungkinan temuan. Saya harap tim bekerja dengan sungguh-sungguh dan melaksanakan tugas dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si dalam sambutannya mengatakan melalui penguatan pengawasan ini diharapkan agar seluruh jajaran dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, transfaran dan akuntabel. Sedangkan dalam merubah pola pikir dan meningkatkan budaya kerja merupakan tugas bersama dimana proses ini memerlukan penyadaran akan tanggung jawab kemauan dan kesadaran pribadi tanpa terkecuali dari seluruh anggota Polri.

“Saya menaruh harapan besar agar Itwasda Polda Kalsel dapat berupaya maksimal mensinergikan seluruh kesatuan Polri untuk dapat mempertahankan opini laporan keuangan Polri yang telah mendapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sejak tahun 2004 hingga 2018 yang lalu,” tutur Kapolda.

Disamping itu, peran dan fungsi Inspektorat Pengawasan dituntut untuk dapat berperan maksimal dalam mencegah dan menghindari terjadinya penyalahgunaan anggaran dibidang manajemen di lingkungan Polri agar terus ditingkatkan pengawasan dan konsultasi intensif.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini saya minta kepada Kasatker/Kasatwil selaku obyek Wasrik yang terkait dalam kegiatan pemeriksaan ini, dapat memberikan informasi/data yang akurat dan benar kepada Tim dan apabilah mendapat temuan segera ditindak lanjuti agar temuan tersebut tidak berulang demi perbaikan institusi Polri,” tutup Kapolda.

Rencana kegiatan Wasrik Tahap I terkait Aspek Perencanaan Dan Pengorganisasian berlangsung dari tanggal 5 sampai 31 Maret 2020 di seluruh jajaran Polda Kalsel.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar