Tiga Pilar Perkokoh Keamanan Desa di Balangan

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Balangan – Kekompakan Tiga Pilar di kecamatan Lampihong terus diberikan cahaya keharmonisan, dengan mengadakan tatap muka, Kapolsek Lampihong Ipda Krismianto merangkul seluruh elemen masyarakat yang berperan dalam stabilitas keamanan, Kamis (1/3/2018).

Hal ini terselenggara di SD desa Tampang sejak pukul 14.00 hingga 16.00 wita dengan dihadiri Kepala Desa Tampang M. Baihaki, Kasi Trantib kec Lampihong Supianoor dan staf, Aparat Desa Tampang, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lampihong dan masyarakat Desa Panaitan sebanyak 40 orang.

Stabilitas keamanan akan tercipta apabila senantiasa bersama – sama seluruh unsur masyarakat khususnya tiga pilar yaitu Polri, TNI Aparat desa beserta warga dalam satu nuansa kekompakan.

Embrio permasalahan dapat dideteksi melalui berbagai aspek, diantaranya aspek praduga tak bersalah, kewaspadaan dan kesigapan dalam menanggani setiap permasalahan tentunya dengan kebijakan.

Dapat dicontohkan dengan kehadiran warga baru atau pendatang yang wajib untuk melapor ke perangkat desa sehingga mampu terakomodir secara personal, sehingga mampu ditindak lanjuti apabila terjadi suatu gangguan.

Terlebih lagi trend saat ini terkait penggunaan dana desa yang susah – susah mudah ini patut diperhatikan, harus ada keterbukaan dalam pelaporan sehingga pembangunan demi kemajuan desa tidak terhambat karena kelalaian dalam penggunaan dana desa tersebut.

“Semua menjadi pengawas dan semua diharapkan berperan aktif atas penggunaan dana desa ini, tidak hanya Polisi,” ucap Ipda Krismianto.

Di tahun ini adalah tahun Politik, seluruh peserta tatap muka tersebut juga diajak untuk bijak bermedia sosial sehingga kemalangan tidak terjadi akibat bermedia sosial. Banyak contoh yang berniat baik namun diungkapkan melalui media sosial namun berbenturan dengan norma – norma susila sehingga dapat menimbulkan masalah Hukum.

Permasalahan kompleks yang masih sering ditemui di kecamatan Lampihong adalah kedisiplinan berlalu lintas, dalam waktu dekat, Polres Balangan akan menggelar operasi terpusat “Keselamatan Intan 2018”.

“Mari kita tingkatkan kesadaran pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas, peraturan yang telah ditetapkan tidak lain demi keselamatan pengguna jalan dalam berkendara,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapolsek mengajak seluruh undangan untuk bersama – sama Polri memberantas praktek pungli dengan berperan aktif melaporkan setiap indikasi Pungli ke Polsek Lampihong, dan bisa juga disampaikan dengan penggunaan Aplikasi Sanggam Online dan Sasirangan, yang mana untuk mempermudah masyarakat dalam pelaporan.

“Jaman sudah canggih, tidak perlu repot – repot datang ke kantor Polisi, cukup melalui handpone dengan aplikasi sanggam online atau Sasirangan, laporan akan kami terima,” tutup Ipda Krismianto.

Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Yudha

Berita Terkait

Tuliskan Komentar