Launching Polisi RW, 126 Personel Polres Banjarbaru Siap Jaga Kamtibmas

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Banjarbaru, Polda Kalsel – Sebanyak 126 personel Polres Banjarbaru mengikuti Apel Gelar Polisi RW (Rukuna Warga) di halaman Mapolres setempat. Apel yang melibatkan seluruh anggota Polisi RW tersebut dipimpin oleh Waka Polres Banjarbaru Kompol Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M.

Polisi RW sendiri merupakan program Kabaharkam Polri sebagai wujud pembinaan masyarakat (Binmas) prediktif yang merupakan bentuk integralitas semua fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas dalam komunitas RW.

Pada program tersebut semua anggota Polri dari semua fungsi yang ada akan melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada tingkat RW.

Dalam amanatnya, Wakapolres Banjarbaru mengatakan bahwa saat ini keberadaan Bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup di Kelurahan maupun Desa secara jumlah dirasa masih kurang. Dengan adanya Polisi RW ini, diharapkan setiap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat dapat tertangani dengan cepat dan lebih menyentuh kepada sasaran.

“Kehadiran Polisi RW di masyarakat membantu tugas Bhabinkamtibmas, karena Bhabinkamtibmas seluruhnya masih kurang dibanding jumlah Desa/Kelurahan yang menjadi binaan dan sentuhan, sehingga apa yang menjadi potensi-potensi persoalan masyarakat di tingkat RW itu bisa terdeteksi,” ucap Wakapolres.

Lebih lanjut Kompol Winda mengatakan bahwa kehadiran Polisi RW sangat membantu masyarakat dalam setiap bentuk problem solving permasalahan yang dihadapi, sehingga apabila ada permasalahan sekecil apapun tidak berpotensi menjadi ancaman maupun gangguan Kamtibmas.

“Tugas dari Polisi RW tidak lebih dan tidak kurang sama dengan tugas Bhabinkamtibmas, oleh karena itu semua Anggota Polisi RW segera datangi wilayah tugasnya, perkenalkan diri serta kenali para tokoh-tokoh yang ada,” imbuhnya.

Selain itu, dibentuknya Polisi RW tersebut juga untuk mengantisipasi berbagai permasalahan dengan melaksanakan kegiatan deteksi dini yang merupakan tindakan preemtif Kepolisian dalam mencegah gangguan Kamtibmas dimana keberhasilan dari program Polisi RW tersebut bisa tercapai dengan adanya dukungan berbagai pihak.

“Kami mengharapkan dukungan dari warga masyarakat Kota Banjarbaru dan Instansi terkait demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di daerah hukum Polres Banjarbaru, kepada Anggotanya yang sudah ditunjuk sebagai Polisi RW, saya berharap agar momentum tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya untuk selalu berkomunikasi maupun bertegur sapa dengan masyarakat, sehingga bisa menghilangkan kesan-kesan Polisi yang arogan,” tandasnya.

Kompol Winda menyampaikan kepada para Kapolsek jajaran agar terus memantau kegiatan Anggota Polisi RW dan selalu melaporkan keaktifannya, dirinya juga berharap, dengan adanya Polisi RW tersebut bisa menambah kondusifitas di tingkat rukun warga.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar