Berlangsung Khidmat, Polda Kalsel Gelar Pengambilan Air Suci di Gunung Pamaton

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2023 mendatang, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.I.K., S.H., M.H. memimpin upacara Pelepasan Pengambilan Air Suci di Gunung Pamaton. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan tradisi Kepolisian yang dilakukan setiap tahun untuk memperkokoh semangat Bhayangkara dalam melindungi dan melayani masyarakat.

Pelepasan itu ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Wakapolda Kalsel yang dihadiri sejumlah Pejabat Utama Polda Kalsel diantaranya Karo Rena, Karo Logistik, Dir Binmas, Dir Tahti Polda Kalsel, Kabid Keu, Kabid Kum, Kabid Humas, Wadansat Brimob, Wadir Reskrimum dan Ka Yanma Polda Kalsel, Selasa (13/06/2023) pukul 08.00 Wita.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha menyampaikan pesan penting kepada seluruh anggota yang melakukan pengambilan air suci bahwa tradisi pengambilan air suci di Gunung Pamaton ini memiliki makna yang sangat dalam bagi institusi Kepolisian kita. Air suci ini merupakan simbol kesucian dan keberkahan, yang akan kita jadikan amunisi spiritual dalam melaksanakan tugas negara dan melayani masyarakat dengan setulus hati.

Setelah dilepas Wakapolda Kalsel, rombongan bergerak menuju Gunung Pamaton yang berada di Karang Intan Kabupaten Banjar dengan pengawalan ketat dari personel Ditlantas Polda Kalsel. Para anggota dengan penuh semangat dan kedisiplinan melaksanakan prosesi pengambilan air suci yang telah menjadi tradisi turun-temurun di Kepolisian wilayah Kalimantan Selatan.

Gunung Pamaton dipilih sebagai tempat pengambilan air suci karena memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Air yang diambil dari sumber mata air di puncak Gunung Pamaton diyakini memiliki kekuatan magis yang dapat memberikan perlindungan dan keberuntungan kepada seluruh anggota Kepolisian.

Pada saat mengambil air suci, Wakapolda berpesan agar menyampaikan doa-doa untuk keselamatan seluruh anggota Kepolisian di Kalimantan Selatan. Ia berharap, semangat Bhayangkara yang tumbuh dari tradisi ini dapat menginspirasi para anggota Kepolisian untuk tetap menjunjung tinggi etika, integritas, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar