Bid Propam Polda Kalsel Bentuk Satgasus Tindak dan Awasi Polisi Nakal

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Perilaku dan tindakan negatif oknum anggota polisi yang bisa mencoreng institusi Polri mendapat perhatian Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel).

Untuk menertibkan dan mengawasi perilaku anggota, Polda Kalsel melalui Bidang Propam Polda Kalsel membentuk satuan tugas khusus (Satgasus).

Satgasus ini bertugas untuk menindak setiap polisi nakal yang terlibat tindak pidana hingga mencoreng nama baik institusi Polri.

Dikatakan Kabid Propam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djaka Suprihanta, S.H., M.Hum. Satgasus ini akan memonitor setiap dugaan keterlibatan oknum anggota dalam tindak pidana berdasarkan informasi yang masuk ke Propam.

“Salah satu yang menjadi atensi seperti keterlibatan oknum aparat dalam beking bisnis ilegal,” tegasnya.

Kemudian penyalahgunaan dan peredaran narkoba hingga kejahatan konvensional lainnya yang melibatkan aparat seperti perjudian, pungutan liar dan sebagainya.

“Pokoknya tidak ada ampun bagi oknum anggota Polri terlibat narkoba dan perjudian karena sanksi terberatnya hingga pemecatan,” tegas Kombes Pol Djaka Suprihanta.

Bahkan ia mengaku sudah diwanti-wanti Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Drs. Syahar Diantono, M.Si. agar tidak ada anggota Polda Kalsel yang main narkoba dan judi.

Dalam kasus terbaru, tim Satgasus yang dipimpin Iptu Robby Ansharie Bahasuan berhasil menindak judi sabung ayam di wilayah Tanjung Pagar, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Namun dalam kasus ini belum ditemukan keterlibatan oknum aparat yang menjadi beking dan para tersangka dari warga sipil diproses hukum oleh Satuan Reskrim Polresta Banjarmasin.

Kabid Propam Polda Kalsel Kombes Pol Djaka Suprihanta mengingatkan kembali kepada seluruh anggota Polda Kalsel untuk tidak berbuat pelanggaran sekecil apapun karena akibatnya merugikan diri sendiri terhadap karier di Kepolisian hingga terancam pidana umum.

Sebaliknya bagi anggota yang berprestasi, dipastikan Djaka mendapatkan apresiasi dari pimpinan berupa penghargaan yang pada akhirnya berdampak positif bagi peningkatan karier kedepannya.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar