Ditlantas Polda Kalsel Gelar Lat Pra Operasi Keselamatan 2023

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Guna mewujudkan dan meningkatkan budaya tertib dalam berlalu lintas serta cipta kondisi Kamseltibcarlantas, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Latihan Pra Operasi Keselamatan Intan Tahun 2023 bertempat di Rupatama Polda Kalsel, Banjarmasin, Senin (06/02/2023) pagi.

Pelaksanaan Latihan Pra Operasi dengan sandi “Keselamatan Intan – 2023” ini dipimpin oleh Wadir Lantas Polda Kalsel AKBP Dedy Eka Jaya Helmi, S.I.K., M.H. dan dihadiri para peserta gabungan Satker dan Satwil Jajaran Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, SI.K., M.H. melalui Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo, S.I.K. yang diwakili Wadir Lantas Polda Kalsel AKBP Dedy Eka Jaya Helmi, S.I.K., M.H. menyampaikan Lat Pra Ops ini merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan guna untuk mengasah kemampuan dan keterampilan sesuai dengan tugas masing-masing anggota Polri yang terlibat dalam operasi.

“Pelaksanaan Lat Pra Ops dilakukan agar personil benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya yang pada akhirnya program operasi dapat berjalan secara profesional dan proporsional,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia juga juga mengatakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya, merupakan suatu hal yang mutlak dirasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya. Namun pada kenyataannya berbagai permasalahan pelanggaran dan kecelakaan yang sering terjadi, khususnya yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan masih disebabkan oleh kelalaian oleh masyarakat itu sendiri.

“Pelanggaran dan kecelakaan ini terjadi dikarenakan masih rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum perundang-undangan terkait lalu lintas, sehingga akan meningkatkan jumlah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan korban kecelakaan lalu lintas yang pada akhirnya hal tersebut akan memberikan dampak pada stabilitas Kamseltibcarlantas ,” terang Wadir Lantas Polda Kalsel AKBP Dedy.

Dirinya menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Intan 2023 kali ini, bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan prevemtif guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat di wilayah hukum Polda Kalsel.

Operasi Keselamatan Intan 2023 akan dilaksanakan secara serentak selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 Februari s/d 20 Februari 2023.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar