GPS Map Kamera Polres HSU Mudahkan Tim Satgas Karhutla Pantau Lokasi Kebakaran

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Segala upaya dan kegiatan mulai dari Rapat Kordinasi dengan instansi lain dalam pembentukan Satuan Tugas kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Penyuluhan, Kegiatan Patroli Gabungan dan sebagainya telah dilakukan Polres HSU guna mengantisifasi hal yang tidak diingikan terjadi khususnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Utara. Upaya lain pun kini dilakukan oleh personil Polres HSU yakni dibekali dengan aplikasi Handphone Android.

Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Agus Sudaryatno, S.IK, M.H. melalui Kabag Ops Polres HSU Kompol Sukardi, SH mengatakan, “Aplikasi tersebut yakni Aplikasi GPS Map Kamera yang dapat memudahkan petugas mengetahui dengan cepat lokasi titik api jika terjadi kebakaran kata Kabag Ops Polres HSU, Jumat (8/9/2017) dihalaman Mapolres HSU usai olah raga pagi bersama.

Sosialisasi kepada para kepala satuan fungsi, Kapolsek, personil Polres serta para Bhabinkamtibmas jajaran Polres HSU pun kini dilakukan pihaknya guna dapat dilakukan penindakan sejak dini oleh peronil dilapangan.

Lebih lanjut Kabag Ops Polres HSU menuturkan, aplikasi tersebut juga bisa dimiliki masyarakat umum khususnya yang memiliki handphone android. “Bisa di download di playstore. Kemudian apabila mengetahui titik lokasi, tinggal di foto dan dikirim ke WhatsApp (WA), Facebook, Mesengger, Gmail, email dan sarana pengiriman yang ada di HP, sehingga nanti akan diketahui nama pengirim, lokasi titik kordinat, tanggal dan jam nya.

Kabag Ops Polres HSU menjelaskan sebelum mengambil foto hotspot/titik api diharuskan membuka aplikasi Open Camera.

Kegunaan aplikasi Open Camera ini adalah kamera yang berbasis GPS yang mana aplikasi ini digunakan untuk menentukan lokasi titik api dengan cara mengambil gambar atau foto sehingga dalam hasil tampilan foto sudah tercantum nama pemilik HP serta titik lokasi ( dalam hal ini diperuntukan tampilan foto untuk titik api), sehingga memudahkan dalam mengakses dan meinformasikan kepihak lain.“ ketika terjadi kebakaran, misalnya di salah satu lokasi kebakaran di Kab.HSU ” tutur Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Agus Sudaryatno, S.IK, M.H. melalui Kabag Ops Polres HSU Kompol Sukardi, SH, sembari mengatakan tingkat keakuratan dari aplikasi itu 90 persen benar.

 

Penulis : Achmad Wardana – Humas Polres HSU

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar