Sat Sabhara Polres Banjar Sigap Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Personil Kepolisian Sektor jajaran Kepolisian Resort Banjar, Kalimantan Selatan, sigap dalam mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar wilayah hukumnya.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete,S.H.,S.I.K.,M.H. mengatakan, kesigapan sudah ditunjukan personil Satuan Sabhara Polres Banjar yang berhasil menanggulangi kebakaran lahan dan kebun karet di Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar (Perumahan Seribu).

Dipimpin oleh Kanit Dalmas IPDA Gathot. S para personil Sat Sabhara dibantu warga dan anggota pemadam kebakaran serta anggota PMI mendatangi TKP Kebakaran lahan kosong /semak belukar dan kebun karet untuk memadamkan lahan dan kebun karet yang terbakar dengan menggunakan mobil Rantis AWC, Mobil Barier yang di pasang tandon 1200 L beserta alat pemadam kebakaran, alat semprot air yang di gendong, menggunakan ranting pohon (gepyok.

“Personil Satuan Sabhara Polres Banjar dibantu warga dan anggota pemadam kebakaran serta anggota PMI berhasil menanggulangi Karhutla di wilayahnya. Kami mengapresiasi apa yang dilakukan anggota,” ujar Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete,S.H.,S.I.K.,M.H.

Pemadaman dan pembasahan tersebut berlangsung hingga pukul 17.00 wita, dengan lahan yang terbakar kurang lebih sekitar 3 hektar dan tidak ada korban jiwa.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete,S.H.,S.I.K.,M.H mengatakan, pihaknya memang sudah menginstruksikan seluruh personil baik di Polsek Jajaran maupun para Bhabinkamtibmas agar siaga dan waspada Karhutla terutama di lahan kosong maupun hutan dan semak.

“Sesuai instruksi pimpinan maka kami mengistruksikan personil khususnya Polsek jajaran dan Bhabainkamtibmas untuk siaga dan cepat tanggap mencegah dan menanggulangi Karhutla di wilayahnya,” ujar Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete,S.H.,S.I.K.,M.H.

Menurut Nette Boy sapaan akrab Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete,S.H.,S.I.K.,M.H, Karhutla yang marak terjadi di musim kemarau disikapi dengan meningkatkan patroli terutama di kawasan hutan dan lahan yang rawan terbakar.

Ditekankan, peran anggota Polri yang ditunjuk sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) lebih dimaksimalkan melalui sosialisasi pencegahan Karhutla.

“Patroli yang dilakukan personel polsek jajaran ditingkatkan dan mereka juga gencar menyosialisasikan langkah-langkah mencegah Karhutla agar kebakaran bisa dihindari,” ungkap Kapolres Banjar.

 

Penulis : Achmad Wardana – Humas Polres Banjar

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar