Srikandi Polres Banjar Bekali Diri Dengan Beladiri Polri

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Guna meningkatkan kemampuan perorangan dalam mendukung operasional Kepolisian, Polisi Wanita (Polwan) Polres Banjar melakukan Latihan Beladiri Polri, Senin (11/9/2017). Yang dipimpin Anggota Satuan Sabhara Polres Banjar Aiptu Ipik Samin Hadi selaku pelatih.

Latihan tersebut dimaksudkan guna dapat menanggulangi jenis gangguan Kamtibmas yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu di wilayah hukum Polres Banjar khususnya ketika personil Polwan Polres Banjar yang merupakan personil Srikandi Banjar Bungas (SBB) melaksanakan patroli.

“Makna dari Beladiri Polri yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok untuk mempelajari tehnik-tehnik, keterampilan yang berguna untuk membela diri apabila ada serangan dari musuh atau lawan yang berusaha mencederai pada kita atau orang lain,” ucap Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H.,S.I.K.,M.H.

Masih menurut Kapolres Banjar, dalam beladiri juga diajarkan tentang kedisiplinan. “Dalam latihan bela diri tentu ada aturan-aturan yang harus patuhi seperti harus datang latihan tepat waktu, mengikuti petunjuk pelatih, memakai seragam, harus bekerjasama dengan murid-murid lainnya, saling menghormati, menolong sesama, tidak dibolehkan menyalahgunakan memampuan, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti inilah yang akan meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab personil Polri terhadap segala sesuatu, bukan hanya dalam bela diri saja,” jelas Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H.,S.I.K.,M.H.

“Beladiri Polri dinilai sangatlah penting, karena melihat situasi dilapangan dalam pelaksanakan tugas Kepolisian sangat dekat dengan hal-hal yang membahayakan diri anggota. Oleh karena itu, setiap anggota harus dibekali kemampuan bela diri untuk melindungi dirinya maupun orang lain guna menghindari adanya korban,” ucap Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H.,S.I.K.,M.H.

Dalam latihan tersebut, personil Srikandi Banjar Bungas (SBB) diajari kembali tentang cara memukul, menendang, menyerang, menghindar dan menangkis.

“Pada dasarnya yang saya latihan ini merupakan hal yang sebelumnya sudah pernah mereka dapatkan ketika menjalani pendidikan dasar Polri,” ucap Aiptu Ipik Samin Hadi yang memegang DAN-I Judo serta DAN-I Beladiri Polri.

 

Penulis : Achmad Wardana – Humas Polres Banjar

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar