Tingkatkan Kemampuan Personil Polda Kalsel Dengan Latihan Beladiri Polri

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Personil Polda Kalimantan Selatan terus melatih diri untuk meningkatkan kemampuan individu.

Sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas, kemampuan beladiri sangat penting untuk dimiliki para personil Polri.

Beladiri Polri adalah kemampuan anggota Polri mempertahankan diri dan atau orang lain, dari serangan pihak lain dengan menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik, baik dengan tangan kosong maupun dengan alat untuk melumpuhkan lawan, guna melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Dalam kurun waktu tertentu, seusai pelaksanaan apel pagi, puluhan personil satker Polda Kalimantan Selatan mengikuti latihan beladiri Polri.

Dipandu oleh pelatih AKBP Dani dan AKBP Afebrianto, para Polisi ini serius dalam mengikuti beladiri Polri.

AKBP Afebrianto mengatakan bahwa kemampuan beladiri bagi personil Polri itu wajib. “Kami selalu rutin mengadakan latihan, selain untuk meningkatkan kemampuan beladiri juga untuk menjaga kesehatan fisik anggota,” ucap AKBP Afebrianto.

Beladiri Polri merupakan perpaduan berbagai bela diri seperti Silat, Judo, Taekwondo, Jiu Jitsu dan aliran bela diri lainnya dengan kebutuhan anggota Polri. Selain tangan kosong, mereka juga dibekali dengan tongkat, dan borgol.

Penguasaan jurus beladiri tersebut menjadi hal yang diwajibkan bagi anggota Polisi dimanapun posisinya ditugaskan.

“Hukumnya wajib untuk menguasainya. Karena ini termasuk teknik dasar yang dapat diterapkan ketika melaksanakan tugas di lapangan,” tambah AKBP Afebrianto.

AKBP Afebrianto mengatakan latihan bela diri tersebut dilakukan secara rutin. Dengan bekal bela diri yang dimiliki, ada unsur kepercayaan diri yang dibangun kepada setiap anggota Polisi ketika harus berhadapan dengan para pelaku tindak kejahatan maupun pengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Selain itu, dengan beladiri Polri tersebut diharapkan setiap individu anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik dan mampu melindungi dirinya maupun orang lain yang memerlukan bantuan,” ucap AKBP Afebrianto.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar