Polresta Banjarmasin Beri Penghargaan Juara Kasatkamling

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polresta Banjarmasin, Polda Kalsel – Ketua RW 20 RW 01 Alalak Tengah Kelurahan Alalak Tengah Banjarmasin Utara Safianur (55) bersama dua RT lainnya menerima penghargaan lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang digelar Polresta setempat. Penyerahan juara Kasatkamling itu dipimpin oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H., diwakili Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H.

Dihadiri Forum Komunikasi Kota (Forkompimkot) Banjarmasin seperti Kepala BNK Kombes Pol Sisman, Kajari setempat, Indrah Laila Danlanal serta Dkandim 1007/Bjm Letkol Inf Arman Aris Sallo kegiatan itu merupakan bentuk perhatian keberadaan Polisi RW di masyarakat. Serta Mahcli Riadi selaku Asisten Bidang 1 Pemerintah dan Kesejahteraan Kota Banjarmasin. Hingga disaksikan Kabinda Kalsel Brigjen Pol Nurullah.

Safianur mengatakan bahwa pihaknya secara administrasi sudah lengkap yakni pos dan buku tamu serta warga yang berpartisipasi langsung dalam ikut jaga malam. “Jadi warga kami ini secara langsung sadar ikut serta menjadi wakar, “bebernya

Hal itu tak lepas dari Bhabinkamtibmas Bripka Joko Susilo, karena pendekatan dengan warga sekitar yang presisi. Safianur juga menambahkan di lingkungannya juga selama ini cukup aman, tidak gangguan kamtibmas.

“Mudah-mudahan selalu aman, apalagi di gang kami buntu sehingga keamanan lebih terjamin. Tentunya membuat nyaman dan aman bagi warga yang tinggal dan tamu. Pihaknya juga diberi pelatihan oleh pihak kepolisian bahkan baru saja dikukuhkan bersama pihak Bhabinkamtibmas menjadi Polisi RW sebanyak 115 anggota oleh Irwasda.

Dia menyatakan, lomba Polisi RW itu dalam rangka HUT ke 77 Bhayangkara sekaligus jelang pemilu 2024 nanti. Karena itu pihaknya selalu mempererat tali silaturahmi dengan acara kegiatan keagamaan dan sosial lainnya.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo mengatakan, inti dari kegiatan Polisi RW ini intinya adalah polri lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Agar kamtibmas berjalan aman dan nyaman. Hal ini sesuai dengan sembotan kota yakni Barasih, wan Nyaman.

Ia juga berharap dengan adanya Polisi RW tersebut kedepanya bisa mampu untuk membawa pihaknya lebih dekat lagi dengan masyarakat dan bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas. ‘Mereka harus saling bekerjasama dan tidak berpisah,” ujarnya.

Konsep Polisi RW memungkinkan terjadinya interaksi dalam memecahkan masalah secara bersama dengan tokoh setempat seperti, para pemuda, Babinsa dan unsur pemerintahan di tingkat RW.

Kemudian, saling mengembangkan sifat yang positif memberikan kesempatan untuk saling memahami membuka peluang untuk saling bekerja sama, terutama kerjasama dalam mengendalikan masalah yang dihadapi. “Seperti program Walikota Banjarmasin yaitu dengan Restoratif Justice,” terangnya.

“Jadi intinya adalah mendekatkan diri dengan masyarakat, pelayanan langsung ke masyarakat untuk menciptakan situasi yang harmonis, kamtibmas kondusif seperti taglen Banjarmasin Baiman, barasih wan nyaman,” pungkas Kombes Pol Sabana.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar