115 Polisi RW Disebar Di Kota Banjarmasin

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polresta Banjarmasin, Polda Kalsel – Upaya meningkatkan pengamanan dan menjaga ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Polresta Banjarmasin melaksanakan apel Kasatkamling sekaligus launching Polisi RW yang bertugas di wilayah hukum Polresta Banjarmasin.

Launching Polisi RW dan Apel Kasatkamling bersama jajaran Polda Kalsel digelar di halaman Mapolresta Banjarmasin.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H., diwakili Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H. mengkukuhkan 115 Polisi RW yang turut disaksikan Kabinda Kalsel, Kapolresta Banjarmasin, Kakanwil Kemenag Kalsel, Kejari Banjarmasin.

Kemudian Danlanal Banjarmasin, Kasrem 101/Antasari, Asisten 1 Pemko Banjarmasin dan Dansatpom Lanud Syamsudin Noor.

Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar menjelaskan, Polisi RW merupakan program dari Kapolri yang tugasnya untuk mengedepankan masyarakat. “Jadi program ini, di setiap RW ada petugas kepolisian,” katanya.

Tugas Polisi RW sendiri, berbeda dengan Bhabinkamtibmas, tugasnya yaitu untuk polisi yang selalu berhubungan dekat dengan masyarakat.

“Jadi dia (Polisi) ini berhubungan dengan masyarakat, sehingga mereka tahu dan mengetahui situasi masalah masyarakat itu, seperti masalah ekonomi, masalah sosial, masalah kamtibmas, masalah kesehatan lalu menyampaikan ke pimpinan dan dicarikan solusi,” ucapnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini telah terlaksana di seluruh jajaran kepolisian Polda Kalsel.

“1.999 target kita seluruh RW di Kalsel harus ada Polisi RW nya,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A Martosumito mengatakan, hari ini ada 115 Polisi RW yang baru dikukuhkan sesuai dengan jumlah RW yang ada di Kota Banjarmasin.

“115 Polisi RW dari 53 Babinsa yang ada di Kelurahan Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Kapolresta juga berharap dengan adanya Polisi RW tersebut kedepannya bisa mampu untuk membawa pihaknya lebih dekat lagi dengan masyarakat dan bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas.

‘Mereka harus saling bekerjasama dan tidak berpisah,” ujarnya.

Konsep Polisi RW memungkinkan terjadinya interaksi dalam memecahkan masalah secara bersama dengan tokoh setempat seperti, para pemuda, Babinsa dan unsur pemerintahan di tingkat RW.

Kemudian, saling mengembangkan sifat yang positif memberikan kesempatan untuk saling memahami membuka peluang untuk saling bekerja sama, terutama kerjasama dalam mengendalikan masalah yang dihadapi.

“Seperti program Walikota Banjarmasin yaitu dengan restorastis justice,” tuturnya.

“Jadi intinya adalah mendekatkan diri dengan masyarakat, pelayanan langsung ke masyarakat untuk menciptakan situasi yang harmonis, kamtibmas kondusif seperti tagline Banjarmasin Baiman, barasih wan nyaman,” tungkasnya.

Diketahui, acara tersebut juga dihadiri Bhabinkamtibmas masing-masing Polsek, petugas Polisi RW dari Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, Banjar dan Batola, Ketua Satkamling RW dan ketua RW se Kota Banjarmasin.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar