Cooling System, Polda Kalsel Gelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dan Doa Bersama

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara Deklarasi untuk Pemilu Damai tahun 2024, yang disertai dengan Doa Bersama dalam upaya mendukung terciptanya pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif. Acara ini dilangsungkan di Calamus Ballroom Hotel Rattan Inn di Banjarmasin, Jumat (22/12/2023) pukul 20.00 WITA.

Acara yang dihadiri oleh Forkopimda Kalsel, Wakapolda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Kapolresta Banjarmasin, Kapolres Banjarbaru, Kapolres Banjar, Kapolres Batola, Ketua Bawaslu Kalsel, Perwakilan KPU Kalsel dan Perwakilan Partai Politik ini, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. menyampaikan komitmen kuat terhadap keamanan selama proses pemilihan. “Kami dari Polda Kalsel berkomitmen untuk memastikan jalannya Pemilu dengan damai dan aman bagi semua warga,” katanya.

Sementara itu, Doa Bersama juga dilakukan untuk memohon keberkahan dan keselamatan selama proses Pemilu berlangsung. Para hadirin bersama-sama memanjatkan doa agar Pemilu berjalan lancar, tanpa gejolak yang dapat mengganggu kedamaian.

Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dalam acara ini merupakan salah satu upaya cooling system atau mendinginkan suasana jelang Pemilu 2024 dengan harapan suasana maupun pelaksanaan tahapan Pemilu berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto pun menyampaikan hingga saat ini situasi kondisi di Kalimantan Selatan masih sangat dingin dan sesuai aturan yang ada, tanpa adanya gejolak apapun. Hal ini tidak terlepas dari koordinasi yang dilakukan Polda Kalsel bersama dengan stakeholder lainnya.

Terkait pendistribusian logistik Pemilu, Kapolda menuturkan bahwa pihaknya sudah memiliki Protap (prosedur tetap) sampai dengan kepelosok TPS terjauh dan akan dilakukan pengamanan.

Dirinya pun menghimbau kepada peserta Pemilu 2024 agar menyesuaikan dengan aturan yang berlaku, hindari pelanggaran-pelanggaran agar situasi keamanan sekitar bisa kita jaga bersama.

Pada kesempatan ini, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menegaskan netralitas Polri dalam hal ini Polda Kalsel beserta seluruh jajaran menjunjung tinggi netralitas dan hal ini selalu disampaikan kepada seluruh anggota Polri di Kalimantan Selatan.

Deklarasi ini menjadi momentum penting bagi seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Pemilu yang tidak hanya demokratis namun juga damai, mencerminkan kedewasaan politik serta rasa tanggung jawab bersama dalam membangun negara yang stabil dan berkeadilan.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar