Terobosan Kreatif Polres Balangan Berhasil Tekan Angka Kriminalitas

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Balangan – Akhir-akhir ini wilayah hukum Polres Balangan seiring dengan sulitnya ekonomi masyarakat sering terjadi kasus curat atau curanmor yang terjadi pada malam hari, oleh karena itu Polres Balangan selaku petugas yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta bertugas sebagai harkamtibmas berperan aktif dalam mengeleminir, mengurangi bahkan kalau bisa meniadakan kasus-kasus curat curanmor yang terjadi khususnya pada malam hari.

Sebagai langkah  kongkrit  dalam mengurangi niat  dan  kesempatan pelaku curat atau curanmor, satuan Sabhara Polres Balangan membuat terobosan kreatif, “Patroli Sanggam Waspada” yang dipelopori oleh Kasat Sabhara Polres Balangan AKP Tukiman, S.H.

“Patroli Sanggam Waspada” ini adalah patroli untuk mengingatkan atau mengimbau kepada masyarakat Sanggam (Balangan) agar selalu waspada dalam menghadapi segala bentuk kejahatan khususnya curat / curanmor yang terjadi pada malam hari dengan tidak memberikan kesempatan kepada pelaku­ yang bemiat melakukan pencurian.

Dari analisa dan evaluasisituasikamtibmas terhadap curas curanmor yang terjadi di wilayah hukum Polres Balangan. Salah satunya adalah karena masyarakat tersebut memiliki kebiasaan menaruh / memarkir sepeda motor di halaman rumah dan tidak memasukkan kendaraan bermotor ke dalam rumah dan juga lupa tidak menutup pagar, jendela, atau pintu rumah pada malam hari.

“Untuk itulah, kami satuan Sabhara Polres Balangan Polda Kalimantan Selatan membentuk Program  Kreatif  “Patroli  sanggam  Waspada”  untuk mewujudkan kepedulian kami terhadap situasi Kamtibmas di Witayah Hukum Polres Balangan, ” pungkas AKP Tukiman, S.H.

Maksud dibuatnya terobosan kreatif “Patroli Sanggam Waspada” ini, untuk memberikan gambaran kepada pimpinan langkah-langkah yang akan diambil dalam mengeleminir kejahatan khusus pada malam hari dan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas patroli.

Terobosan  kreatif   “Patroli   Sanggam  Waspada” dibuat untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat sanggam (Balangan) agar selalu waspada terhadap ancaman curat / curanmor dengan cara membentengi diri tidak memarkir  kendaraan sembarangan  pada malam hari, disiplin menutup pintu pagar,pintu rumah atau jendela.

Implementasi terobosan  kreatif  “Patroli   Sanggam  Waspada” ini, petugas patroli dibekali sprin patroli dan surat imbauan kepada masyarakat. Karena patroli dilaksanakan pada malam hari yaitu antara pukul 00.00 hingga 03.30 Wita.

Maka patroli yang dilaksanakan ke pemukiman penduduk kemungkinan tidak ketemu dengan penduduk setempat karena penduduk setempat sedang tidur, sehingga hal-hal yang didapati oleh petugas patroil seperti jendela, pintu rumah ataupun pintu pagar yang terbuka bisa ditutupkan dan petugas menulis temuannya dan memberikan himbauan agar lain kali menutup jendela, pintu ataupun pintu pagar, dan juga apabila mendapati sepeda motor yang parkir di halaman  rumah / teras rumah diberikan imbauan.

Surat imbauan tersebut bisa langsung diberikan kepada pemilik  rumah apabila pemilik rumahnya bangun / belum tidur, namun apabila pemilik rumah sudah tidur, maka surat himbauan  bisa  dimasukkan  lewat  bawah  pintu  dengan harapan pemilik rumah membaca himbauan tersebut pada pagi harinya.

“Terobosan kreatif ini dapat dilaksanakan semaksimal mungkin, demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Wilayah Hukum Polres Balangan,” Imbuhnya saat dikonfirmasi Humas Polres Balangan, Selasa (23/1).

Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Yudha

Berita Terkait

Tuliskan Komentar