Hari Kesadaran Nasional, Kapolda Kalsel Apresiasi Pengamanan Idul Fitri 1445 H

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional, yang bertempat di Lapangan Apel Mapolda Kalsel, Banjarmasin, Rabu (17/4/2024) pukul 08.00 WITA.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. yang dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.H., S.I.K., M.H., Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polda Kalsel, anggota Polri dan ASN Polda Kalsel.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Winarto menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel Polda Kalsel beserta jajaran, atas kerja keras yang telah dilaksanakan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, sehingga operasi “Ketupat Intan-2024” dalam rangka pengamanan lebaran yang digelar selama 13 hari dapat berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut, lanjut Kapolda Kalsel, ditandai dengan tidak adanya kejadian yang menonjol seperti aksi teror, maupun aksi intoleransi dan kekerasan di wilayah Kalimantan Selatan. Dari hasil evaluasi data Kamseltibcar Lantas selama operasi Ketupat Intan tahun 2024 terdapat 31 kejadian kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 14 orang, luka berat 8 orang, dan luka ringan 42 orang.

Kejadian laka lantas pada operasi tahun 2024 ini apabila dibandingkan dengan operasi tahun 2023 mengalami penurunan sebanyak 4 kejadian, korban meninggal dunia mengalami penurunan 2 jiwa, korban luka berat naik 4 orang dan luka ringan turun 2 orang.

Sedangkan untuk data pelanggaran lalu lintas selama tahun 2024 sebanyak 196 pelanggaran tilang ETLE. Mengalami peningkatan sebanyak 57 pelanggaran apabila dibandingkan dengan tahun 2023 lalu yakni sebanyak 139 pelanggaran tilang ETLE baik berupa statis dan mobile.

Kapolda pun mengingatkan kepada seluruh personel Polda Kalsel beserta jajaran, agar situasi Kamtibmas saat ini jangan membuat kita underestimate, terlebih kedepan masih ada beberapa agenda Kamtibmas yang perlu mendapat perhatian bersama. Antara lain May Day atau peringatan Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei.

Selain itu juga kita masih tetap mengamankan kontestasi Pemilu 2024 yang saat ini sudah masuk pada tahapan sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Polda Kalsel dan jajaran sebagai salah satu pilar utama penyangga demokrasi, dengan didukung segenap komponen masyarakat dan mitra keamanan lainnya, berkewajiban untuk menjaga kondusifitas keamanan di wilayah Kalimantan Selatan, agar seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

“Marilah kita jadikan momentum Upacara Kesadaran Nasional yang dilaksanakan pagi ini untuk merefresh dan memperbaharui kembali semangat kerja, dedikasi, tanggung jawab serta memantapkan kualitas pengabdian kita sebagai insan bhayangkara yang dilandasi oleh Tribrata dan Catur Prasetya,” tutup Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar