Dit Polair Polda Kalsel Tangkap Kapal dan Truk Tangki Pembawa Solar Ilegal

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Kedapatan tengah menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar ilegal, KM Hidayah Namira ditangkap jajaran Direktorat Polair Polda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tak hanya itu, satu truk tangki yang menerima Solar tersebut diamankan petugas karena tidak dapat menunjukan surat-surat.

Informasi diperoleh, diamankannya truk dan kapal motor itu dilakukan oleh Subdit Gakkum dipimpin oleh Kasi Lidik Kompol Untung Widodo, Senin (22/10/2018) sore.

Waktu itu petugas yang tengah melakukan patroli di wilayah Desa Bonati tengah melakukan giat dan mendapat info bahwa adanya kegiatan BBM ilegal di lokasi itu.

Antara lain distribusi bbm tanpa dilengkapi surat-surat dari kapal motor ke truk tangki di wilayah Desa Dermaga Kecamatan Sei Loban Kabupten Tanbu. Saat di lokasi ternyata benar ada terlihat pemindahan solar kapal yang dipindah ke dalam mobil truk tangki dengan menggunakan alkon dan selang masih ditempat.

Oleh petugas satunoranf berada di kapal yang ternyata sopir truk atas nama Juhrani mengiyakan solar dari kapal tersebut.dimintai keterangan membenarkan hal tersebut. Dan juragan kapal bernama Amir pun tak megelak bahwa solar dari kapal itu. Menurutnya solar itu didapat dari tugboat yang sedang lego jangkar di Muara Bunati.

Terkait kejadian ini Direktur Polair Polda Kalsel Kombes Pol Gatot Wahyudi, SH membenarkan bahwa jajarannya telah mengamakan KM Hidayah Namira dan truk tangki Sungai Bunati, tepatnya Desa Dermaga Kecamatan Sei Loban Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk barang bukti yakni BBM solar kurang lebih sebanyak 4 ton di Kapal KM Hidayah Namira, 1 (satu) buah alkon dan 1 (satu) buah volt meter, selang, serta BBM sebanyak kurang lebih 5 (lima) ton di truk tangki. “Rencananya solar akan dijual kembali ke tambang,” terang Direktur Polair Polda Kalsel Kombes Pol Gatot Wahyudi, SH.

Kini KM Hidayah Namira dan truk tangki telah diamakan ke Marnit Tanah Bumbu untuk diproses lebih lanjut,” tambah Direktur Polair Polda Kalsel Kombes Pol Gatot Wahyudi, SH.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar