Menuju Polri Presisi, Polda Kalsel Gelar Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap II Aspek Pelaksanaan Dan Pengendalian TA.2021

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kalsel Tahap II TA.2021 Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian, Selasa (2/11/2021) pukul 08.30 Wita.

Bertempat di Rupatama Polda Kalsel, kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., didampingi Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Noor Subchan, S.I.K., M.H. dan Auditor Madya TK III Itwasda Polda Kalsel Kombes Pol Soedaryono.

Selain itu kegiatan tersebut juga dihadiri para Pejabat Utama Polda Kalsel dan Kapolres/Ta Jajaran Polda Kalsel.

Pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) atau yang secara umum dikenal sebagai audit, merupakan hal penting yang dilakukan sebagai instrumen dalam manajemen organisasi.

Audit bertujuan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan informasi, memberikan konsultasi dan menjamin kualitas atas perencanaan dan pengorganisasian kasatker/kuasa pengguna anggaran (KPA) terhadap pelaksanaan program Polri dan keuangan negara.

Dalam sambutaanya Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. yang dibacakan oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. berharap dengan perencanaan dan pengorganisasian yang baik, diharapkan menghasilkan kinerja yang baik pula.

“Aspek penting dari audit adalah dalam hal konsultasi (Consulting) dan memberikan jaminan kualitas (Quality assurance) atas kinerja dan laporan keuangan, yang mana hal tersebut merupakan tugas utama dari aparat pengawas intern pemerintah (APIP),” jelas Kapolda Kalsel dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa konsultasi menjadi momen yang tepat untuk evaluasi dan perbaikan kinerja bagi satker dan satwil pada tahap awal proses manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian kegiatan dan alokasi anggaran.

Sedangkan quality assurance merupakan ruang bagi tim audit untuk memastikan bahwa kinerja dan laporan keuangan satker memiliki kualitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Untuk itu, kepada Kasatker dan Kasatwil agar mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan pelaksanaan audit dan membuka ruang yang cukup bagi tim audit untuk melaksanakan tugasnya,” pungkas Kapolda.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar