Tangkal Berita Hoax, Kapolres Balangan : Berpikir sebelum Bertindak

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Balangan – Dukungan Moril diberikan oleh kepala Desa Kasai Kecamatan Batumandi bapak Salimudin kepada pihak kepolisian dalam memerangi penyebaran berita hoax, Minggu (25/3).

Dalam menyikapi berita Hoax, Berpikir sebelum bertindak, khususnya ketika akan mengunggah tulisan di media sosial, adalah cara terbaik agar terhindar dari penyebaran konten hoaks dan ujaran kebencian. Seringkali masalah ujaran kebencian berasal dari media sosial seperti Facebook, twitter, dan Instagram, yang diposting tanpa kesadaran tinggi.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK sangat berterimakasih atas dukungan dari berbagai elemen masyarakat yang diterima Polres Balangan dan Kapolres terus mengingatkan masyarakatnya harus bijak dalam bermedia sosial.

“Sebelum mengunggah sesuatu status atau menulis komentar tentang sesuatu harap dipikirkan terlebih dahulu efeknya dan unsur-unsur yang ada di dalam tulisan apakah memiliki unsur ujaran kebencian atau tidak. Tidak ada salahnya untuk berpikir ulang dan melihat kembali tulisan Anda sebelum diunggah,” pungkasnya.

Media sosial adalah tempat dimana berbagai jenis informasi dapat ditemukan. Tidak jarang informasi-informasi tersebut adalah informasi palsu atau hoaks yang bertujuan untuk memprovokasi masyarakat. Oleh karena itu, adalah hal yang bijak ketika Anda mengidentifikasi terlebih dahulu informasi tersebut, kemudian memvalidasinya dengan sumber-sumber terpercaya lainya.

Seringkali media-media seperti itu menggunakan judul yang memancing emosi pembacanya sehingga tanpa membaca isinya pembaca akan menyebarkan informasi tersebut.

“Anda bisa melihat sumbernya apakah media tersebut adalah media yang dapat dipercaya atau tidak. Selanjutnya melihat judul dan isinya apakah sesuai atau tidak, harus kritis dan jeli dalam menilai informasi-informasi yang beredar di media sosial,” tambahnya.

lihat videonya disini : https://www.youtube.com/watch?v=Frs0rnAhA1g

Penulis : Achmad Wardana
Editor   : Drs. Hamsan
Publish : Yudha

Berita Terkait

Tuliskan Komentar