Dir Binmas Polda Kalsel Hadiri Peluncuran Aplikasi SIAP QRIS di Tabalong

oleh humaspoldakalsel
0 komentar

Untuk mempermudah transaksi pembayaran di pasar tradisional sekaligus meningkatkan digitalisasi keuangan di masa Covid-19, Bank Indonesia (BI) meluncurkan aplikasi pembayaran non tunai Sehat, Inovasi dan Aman Pakai (SIAP) QRIS bertempat di Pasar Raya Bauntung Tanjung Kabupaten Tabalong, Sabtu (10/09/2022).

Peluncuran yang turut dihadiri Direktur Binmas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Sri Damar Alam, S.I.K., S.H. tersebut dilakukan berbarengan dengan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Nalui Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.

SIAP QRIS merupakan program pemerintah pusat, antara Kementerian Perdagangan dengan BI. Kedua lembaga pemerintah ini ingin terus memperluas dan memfasilitasi penggunaan QRIS di seluruh pasar-pasar di Indonesia.

Karena itu, dengan adanya peluncuran SIAP QRIS di pasar-pasar tradisional dapat memfasilitasi para pelaku UMKM, khususnya di pasar tradisional dengan menerapkan digitalisasi keuangan atau pembayaran dalam setiap transaksinya.

Sasaran dari program SIAP QRIS ini adalah pasar tradisional,  didalam pasar masih ada transaksi yang menggunakan tunai atau cash. Dengan beralihnya transaksi dengan nontunai atau cashless melalui SIAP QRIS, maka tidak hanya membantu pencegahan penularan Covid-19, tetapi juga membantu para pedagang pasar belajar Menyusun laporan keuangannya.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar