Kabaharkam Polri Lihat Sarana Prasarana Pengamanan Pilkada 2018 Polda Kalsel

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Didampingi Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana dan para Pejabat Utama Polda Kalimantan Selatan, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum beserta Karobinopsnal Baharkam Polri Brigjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si. langsung menyaksikan kegiatan Simulasi Pengamanan Pilkada di Kalimantan Selatan, Senin (5/3/2018).

Sebelum menyaksikan peragaan dari personel Dalmas Dit Sabhara Polda Kalimantan Selatan Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum. lebih dulu memberi arahan kepada Jajaran Baharkam Polda Kalimantan Selatan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalimantan Selatan, yang dilanjutkan dengan melihat sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Polda Kalimantan Selatan baik dari Satker Dit Polair, Dit Sabhara, Dit Binmas, dan Dit Pam Obvit dalam Pengamanan Pilkada Serentak di Kalimantan Selatan.

Simulasi Pengamanan Pilkada di Kalimantan Selatan dilakukan oleh kurang lebih 200 personel  memperagakan penanganan mulai aksi unjuk rasa, protes soal pelaksanaan Pilkada oleh massa yang demo, hingga upaya penanganan dan pengamanan oleh Dalmas Dit Sabhara Polda Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum. mengatakan agar jajarannya terus meningkatkan kegiatan dan operasi Kepolisian guna terciptanya Kamtibmas yang kondusif sesuai prinsip manajemen operasional yang telah dirumuskan, dengan mengutamakan pencegahan dan keterpaduan, serta dilakukan secara ofensif, efektif, dan efisien.

Kabaharkam Polri menjelaskan, hal itu dilakukan dalam rangka menghadapi potensi rawan gangguan Kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 maupun dalam pegelaran Pemilu tahun 2019 sehingga perlu menciptakan situasi keamanan yang kondusif.

“Potensi kerawanan di Indonesia sudah terfloating dan dipetakan, sehingga diketahui mana wilayah potensi konflik dan dimana wilayah yang tingkat sedang. Untuk wilayah Kalimantan Selatan tidak termasuk prioritas kerawanan Pilkada, namun tingkat kewaspadaan di Kalimantan Selatan harus selalu tetap dijaga,” ungkap Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.

“Ketika masyarakat merasa aman, tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri juga akan meningkat,” lanjut Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar