Polres Tabalong Gelar Operasi Keselamatan Intan 2024

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Tabalong, Polda Kalsel – Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, S.I.K., M.H. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kewilayahan Keselamatan Intan 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan, Sabtu (2/3/2024) pagi.

Bertempat dihalaman Pendopo bersinar Pembataan, operasi yang mengambil tema “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju” tersebut dihadiri oleh Bupati Tabalong, Dandim 1008 Tabalong, Wakapolres Tabalong, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, Kejaksaan Negeri Tabalong, Satpol PP Tabalong, Kadishub Kabupaten Tabalong, Danki 2 Batalyon B Pelopor Brimob Polda Kalsel dan Komandan Polisi Militer Tabalong dengan peserta upacara tersebut terdiri dari Peleton Perwira Polres Tabalong, Kodim 1008 Tabalong, Gabungan Staf Polres, Polsek dan Satuan Lalu Lintas, Dishub Tabalong, barisan Mahasiswa Tabalong, Siswa SMU, SMP, SD, Pramuka dan Komunitas motor.

Dalam amanat Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H. yang dibacakan Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian S.I.K., M.H., menyampaikan lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu daerah, oleh sebab itu pemeliharaan Kamseltibcarlantas sangat penting dalam menunjang kehidupan masyarakat.

Selain itu keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas juga merupakan cerminan dari keberhasilan  pembangunan dan ekonomi, oleh sebab itu Polri bersama stakeholder dan pemerintah bertanggung jawab untuk Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 22 Tahun 2009 yaitu mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Keempat point diatas merupakan hal yang sangat kompleks sehingga tidak bisa ditangani oleh Polri sendiri melainkan perlu pelibatan sinergitas antar pemangku kepentingan guna menemukan aakar masalah dan solusinya dapat diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Pelaksanaan Operasi Kepolisian kewilayahan “Keselamatan -2024” ini akan dilaksanakan selama 14 hari dilaksanakan secara diseluruh jajaran Polda Kalsel mulai tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif melalui imbauan edukatif dan persuasif, giat patroli serta penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE Statis dan Mobile serta blanko teguran.

Melalui operasi keselamatan 2024 ini diharapkan akan tercapai beberapa tujuan sebagai berikut yaitu Terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, turunnya angka kecelakaan lalulintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban, kecelakaan lalulintas, berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalulintas dan terwujudnya situasi dan kondisi Kamseltibcarlantas.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar