Terima Almatsus, Polres Balangan dan Jasa Raharja Siap Cegah Pelanggaran Lalulintas

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Balangan, Polda Kalsel – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Balangan menerima bantuan Alat Material Khusus (Almatsus) berupa traffic cone sebanyak 10 buah dan water barrier 4 buah, yang diberikan oleh pihak Jasa Raharja Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di depan Kantor Pelayanan SIM Polres Balangan, Kamis (08/09/2022) siang.

Bantuan berupa alat keamanan pencegahan fatalitas kecelakaan berlalu lintas oleh pihak Jasa Raharja Provinsi Kalsel diterima oleh Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono didampingi Kasat Lantas AKP Imam Suryana.

“Tidak serta merta dapat bantuan, sebelumnya kami usulkan kepada pihak Jasa Raharja pada saat agenda Rakor pembina Samsat minggu lalu,” tutur Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K melalui AKP Imam.

Untuk diketahui, Almatsus peringatan keselamatan ini sangat bermanfaat bagi pengguna kendaraan yang sedang melintas, tentunya sebagai pencegah terjadinya fatalitas kecelakaan.

“Traffic cone dan Water Barrier ini sangat penting sebagai tanda peringatan maupun dalam mengurangi fatalitas kecelakaan,” papar AKP Imam.

Tidak hanya itu, kedepan, pihak Jasa Raharja juga akan memberikan bantuan berupa papan himbauan maupun rambu lalu lintas kepada Polres Balangan.

Ditanya mengenai penempatan alat tersebut, Kasat Lantas menyebutkan akan memprioritaskan water barrier dipasang di lokasi jalan rusak dan jalan yang tidak bisa dilewati sehingga mencegah terjadinya kecelakaan.

Selain dukungan sarana penunjang keselamatan berlalu lintas terpasang, kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan di jalan.

“Mari kita tingkatkan kesadaran patuh aturan berlalu lintas, tentunya untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” tegasnya.

Himbauan keselamatan Berlalu lintas akan terus kita gencarkan, terutama bagi masyarakat yang jauh dari Pusat Kota atau pedalaman khususnya kepatuhan dalam penggunaan helm.

Dari data yang diperoleh Unit Gakkum Satlantas Polres Balangan, angka kecelakaan meningkat sebesar 17 persen dari tahun sebelumnya.

“Dengan meningkatnya angka kecelakaan di Balangan, kami akan memaksimalkan fungsi Almatsus yang diterima dan yang dimiliki Polres Balangan untuk menekan terjadinya kecelakaan berkendara,” tutup AKP Imam.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar