Polres Banjarbaru Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Kedatangan Ketua Umum Partai

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Banjarbaru, Polda Kalsel – Polres Banjarbaru menggelar Apel Kesiapan Pengamanan kedatangan salah satu Ketua Umum Partai di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (29/1/2024). Apel tersebut digelar di dua lokasi yang berbeda yakni di Simpang 4 Bandara Baru Syamsudin Noor yang dipimpin oleh Kapolsek Liang Anggang Kompol Yuda Kumoro Pardede, S.H., M.H., dan juga di Halaman Q Mall yang dipimpin oleh Kapolsek Banjarbaru Utara Kompol Yopie Andri Haryono, S.Sos.

Kedatangan salah satu Ketua Umum Partai di Provinsi Kalsel menjadi suatu agenda yang menuntut kesiapan dan profesionalisme Aparat Kepolisian. Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., melalui Kabag Ops Kompol Indra Agung Perdana Putra, S.I.K., M.H., secara tegas menyampaikan bahwa netralitas Polres Banjarbaru harus tetap dijaga dengan baik selama proses kampanye ataupun kunjungan Capres dan Cawapres atau pun Petinggi Partai.

Dalam apel tersebut, para Kapolsek juga mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya menekankan aspek kesiap siagaan, tetapi juga menekankan pentingnya netralitas Aparat Kepolisian dalam kontestasi politik. “Kita sebagai Aparat Kepolisian memiliki tanggung jawab dalam mengamankan jalannya setiap kegiatan kampanye, baik Capres/Cawapres maupun Caleg, namun, yang tidak kalah pentingnya adalah kita harus memastikan bahwa pengamanan dilakukan secara adil, jujur dan netral,” ujarnya.

Kabag Ops juga menekankan bahwa Polres Banjarbaru tidak memihak kepada satu pasangan calon manapun, dan tugas utama adalah menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran jalannya proses demokrasi. “Netralitas kita adalah kunci untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan keadilan dan keamanan selama proses demokrasi berlangsung dan yang terpenting, sekali lagi saya tekankan kepada seluruh Personel yang terlibat dalam pengamanan untuk tetap netral” tambahnya.

Dalam apel tersebut, juga dilakukan pengecekan kesiapan para Personel dan sarana prasarana pengamanan. Pengecekan dilakukan oleh masing-masing Kapolsek selaku Pamatwil di dua lokasi di atas.

Dengan penekanan pada netralitas, Polres Banjarbaru berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang adil dan tanpa pilih kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses demokrasi. Semua pihak diharapkan dapat menjunjung tinggi prinsip keamanan dan keadilan demi kelancaran berlangsungnya proses demokrasi di Kota Banjarbaru.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar