Polres HSU Gandeng Densus 88 Anti Teror Polri Gelar Workshop Wawasan Kebangsaan

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Hulu Sungai Utara, Polda Kalsel – Dalam rangka mencegah aksi terorisme di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Polres Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan Satgaswil Kalsel Densus 88 Anti Teror Polri menggelar kegiatan Workshop wawasan kebangsaan bertempat di Aula Jananuraga Polres HSU, Rabu (15/06/2022) siang.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polres HSU, para Perwira, Kapolsek, Bintara dan ASN Polres HSU.

Kapolres HSU melalui Wakapolres HSU Kompol M. Irfan, S.H., M.H. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Polres HSU dan menyambut baik dengan kedatangan Satgaswil Kalsel Densus 88 Anti Teror Polri dalam pelaksanaan kegiatan Workshop ini.

Sementara itu Kasatgas Wilayah Kalsel Densus 88 Polri Kombes Pol Surya Putra Mustika, M.K. dalam kegiatan Workshop Wawasan Kebangsaan menyampaikan Garda depan memerangi Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme di Indonesia adalah para Tokoh Agama melalui pengawasan Kemenag dan Polri.

“Saat ini kita ketahui bibit-bibit radikal sudah merebak di berbagai kalangan, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah adanya terorisme di Kalsel serta bagaimana nantinya mengedukasi masyarakat agar memiliki pengetahuan tentang apa itu radikalisme, apa itu intoleransi, apa itu terorisme dan bagaimana pencegahannya,” ucap Kombes Pol Surya.

Adapun Indikator Intoleran dan Radikal diantaranya tidak mengikuti Pancasila sebagai dasar negara, tidak sepakat dengan konsep UUD 1945, tidak mengakui NKRI dan menentang Bhinneka Tunggal Ika.

Wawasan Kebangsaan adalah adalah cara pandang Bangsa Indonesia yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (melalui interaksi dan interelasi di lingkungan nasional, regional, serta global”, tuturnya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi personel Polres HSU karena pencegahan penyebaran paham radikalisme merupakan tanggung jawab bersama, semua pihak harus berperan aktif dalam mencegah menularnya paham-paham berbahaya ini di tengah masyarakat.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Bripka Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar