Sambut HUT Bhayangkara Ke-73, Polda Kalsel Adakan Baksos Operasi Bibir Sumbing Gratis

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Bakti Kesehatan Operasi Kelainan Kongenital Celah Bibir dan Langit – langit di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalsel pada 18-19 Juni 2019.

Operasi ini kerja sama dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasila Indonesia (PABMI) serta Badan Amal Internasional untuk anak-anak atau Smile Train yang serentak digelar di 24 RS Rumah Sakit Bhayangkara seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si., Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Ny. Rinny Yazid Fanani beserta Pengurus Bhayangkari Daerah Kalsel, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs. Sumarto, M.Si., Ketua Bhayangkari Cabang Polresta Banjarmasin Ny. Ciwuk Sumarto beserta Pengurus Bhayangkari Cabang Banjarmasin.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. diwakili Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes. menyebutkan, Bakti Kesehatan digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019.

“Operasi kelainan kongenital celah bibir dan langit-langit ini digelar Polda Kalsel serta Polres se-jajaran,” ungkap Kabid Dokkes.

Kepada masyarakat yang ingin mendaftar bisa dilakukan sebelum tanggal dimulainya operasi. Operasi digelar dari mulai pukul 07.00 wita sampai selesai.

“Di tanggal 17 Juni 2019 masyarakat sudah bisa melakukan pendaftaran sekaligus dilakukan pemeriksaan, apakah layak atau tidak dioperasi pada pasien yang datang,” sambung Kabid Dokkes.

Ada beberapa persyaratan bagi calon pasien yang akan dilakukan operasi, secara kesehatan harus utama, lalu memiliki berat badan lebih dari 5 Kg, usia tiga bulan sampai dewasa.

“Itu untuk fisik, sedangkan administrasi untuk anak-anak karena belum memiliki KTP, maka harus ada Kartu Keluarga (KK) orang tua, KTP orang tua dan memiliki BPJS Kesehatan. Namun jika BPJS Kesehatan belum punya, panitia akan tetap membantu,” ungkap Kabid Dokkes.

Dia mengajak masyarakat segera mendaftarkan anak-anak untuk mengikuti Bakti Kesehatan.

“Kepada masyarakat yang membutuhkan operasi bibir sumbing, agar segera mendaftar dan datang ke RS Bhayangkara untuk segera dilakukan operasi secara gratis dalam rangka SENYUM BERSAMA POLRI,” terang Kabid Dokkes.

Untuk mensosialisasikan kegiatan, Polda Kalsel membuat spanduk dan papan informasi di beberapa titik keramaian yang bertujuan agar masyarakat mengetahui dan mendaftar.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. beserta rombongan pada kesempatan ini menyapa dan membesuk para pasien di ruang Operasi yang ada di Ruang IGD, Ruang Ok / Kamar Operasi, serta Ruang Kelas Perawatan RS Bhayangkara Banjarmasin.

Usai melakukan pengecekan Kapolda juga menyerahkan bingkisan dan sekapur sirih kata kata disaksikan para hadirin dan pasien/keluarga.

Adapun Tim Dokkes pada Operasi Bibir Sumbing kali ini diantaranya Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes., Karumkit RS Bhayangkara Banjarmasin AKBP dr Bambang Pitoyo, Sp.S., AKBP dr Bambang P, Sp.B., Dr Elvi S, Sp.THT, Drg Kristina Dewi, Drg. Irham T, MSi.Med, Sp.BM., Drg. Yustitie Martya Hermawati,Sp.BM, Drg. Budi Setiyawan.Sp.BM, Drg. Mario Agung Asmara,Sp.BM, Drg. Irvan Lubis,Sp.BM, Drg. Ellen Satya Pratiwi,Sp.BM, Drg. Ester H Lodra,Sp.BM, Drg. Jemmy Susatia,Sp.BM, Dr.Iwan,Sp.An, Dr.Rapto,Sp.An, Dr.Andre,Sp.An.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Drs. Hamsan

Publish : Brigadir Yudha Krisyanto

Berita Terkait

Tuliskan Komentar