Sigap Tangani Banjir, Polres Banjarbaru Terjunkan Tim Evakuasi Tolong Warga

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Banjarbaru, Polda Kalsel – Akibat hujan berintensitas tinggi disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (22/02/2023) malam, membuat sejumlah area yang ada di wilayah Kota Banjarbaru terendam banjir.

Sebagai langkah cepat dan tanggap terhadap banjir yang melanda beberapa area tersebut, Personel Polres Banjarbaru terjun langsung ke lapangan guna memastikan keselamatan warga masyarakatnya. Selain itu Anggota juga turut melakukan pengaturan arus lalu lintas disekitar lokasi terjadinya banjir.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kabag Ops Kompol Adenan, S.E., M.M. mengatakan telah melakukan upaya mitigasi serta pemantauan terhadap area yang mengalami banjir akibat derasnya curah hujan yang mengguyur Kota Banjarbaru.

Dua daerah yang terpantau terendam banjir tersebut diantaranya Kelurahan Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan dan juga Kecamatan Cempaka.

Diungkapkan Kabag Ops Polres Banjarbaru, banjir yang melanda di dua daerah tersebut diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan beberapa ruas jalan dan perumahan masyarakat ikut terendam.

“Setelah mengetahui terjadinya banjir di dua lokasi tersebut, kami langsung menerjunkan Personel Polres Banjarbaru untuk melakukan evakuasi dan pertolongan tehradap warga yang terjebak banjir di Kec. Cempaka dan Kel. Kemuning, beberapa kendaraan yang terjebak banjir juga turut kami lakukan upaya evakuasi,” terang Kompol Adenan.

Kabag Ops menambahkan, Personel juga tetap melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalan raya sehingga sewaktu-waktu bisa siap membantu tim evakuasi untuk menolong para warga maupun barang-barang jika ketinggian air semakin meningkat.

Dalam penanganan banjir tersebut, Polres Banjarbaru turut bersinergi dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan, BPBD Kota Banjarbaru serta para relawan sebagai langkah antisipatif apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jadi seluruh unsur yang terlibat sudah siap siaga melakukan upaya-upaya yang diperlukan.

“Selain melakukan evakuasi dan pertolongan, Polres Banjarbaru keesokan harinya juga akan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir pada malam hari ini, semoga saja banjir ini bisa berangsur-angsur surut dan masyarakat bisa selalu diberikan kesabaran, kekuatan serta keikhlasan, kami InsyaAllah akan selalu ada untuk masyarakat Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar