Dit Polairud Polda Kalsel Amankan Upacara Tradisional Manyanggar Padang

oleh Humas Polda Kalsel
0 komentar

Polres Hulu Sungai Selatan, Polda Kalsel – Upacara Manyanggar Padang yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dulunya merupakan salah satu upacara tradisional yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Seiring dengan perkembangan zaman upacara ini mulai mengalami kemunduran di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten HSS.

Direktorat Satuan Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud) Polda Kalsel melakukan PAM BKO Dinas Perikanan Kabupaten HSS dalam upacara budaya Manyanggar Padang di Desa Bangkau Kecamatan Kandangan.

Dit Polarairud Polda Kalsel menerjunkan anggota yang mengawal pergerakan kapal-kapal nelayan dari dermaga di danau ke lokasi prosesi larung di tengah danau, Senin (10/07/2023).

“Alhamdulilah secara keseluruhan dalam kegiatan pengamanan berjalan aman dan lancar, tidak ada hambatan atau kejadian menonjol yang dapat mengganggu prosesi acara,” terang Kepala Markas Unit (Ka Marnit) Aiptu Soejalmo Effendi.

Aiptu Soejalmo Effendi, menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada saat bermain di tepi danau, terutama mengawasi anak agar tak sampai terseret ombak ke tengah danau.

“Karena jika lengah sedikit saja, terkadang ombak besar bisa datang tiba-tiba dan menyeret orang yang berenang di tepi danau,” jelasnya.

Acara puncak pesta adat budaya maritim Suku Dayak Meratus di Bumi kota dodol tersebut memang berlangsung semarak. Ribuan pengunjung memenuhi danau menyaksikan puluhan kapal yang dihias aneka rupa oleh nelayan. (ttc)

 

Penulis : Achmad Wardana

Editor   : Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K.

Publish : Bripka Yudha Krisyanto, S.Kom.

Berita Terkait

Tuliskan Komentar